Advertisement

Pacuan Kuda Tradisional di ikuti 80 Joki 'Delman'

Pacuan Kuda Tradisional di ikuti 80 Joki 'Delman'
Dua Orang Joki Berpacu ketat di Arena Pacuan Kuda yang Berdebu
Editor: Malda Teras Kuningan —Senin, 23 September 2019 16:39 WIB


Terasjabar.id, Kuningan - Sebanyak 80 Joki turut ambil bagian dalam event Pacuan Kuda tradisional di lapang pacuan Kuda jalan Ir Soekarno-Hatta Kelurahan Cipari Kuningan Minggu (22/9-2019) dihadiri para pejabat, Koni dan masyarakat yang hiburan gratis. 
Image
(Wabubp HM Ridho Suganda Didampingi Sekda DR Dian Rachmat Yanuar, Assda 1 Drs H Maman Hermansyah, MSi dan Sejumlah Ka SKPD Menyaksikan Pehelatan Tersebut)


Agenda tahunan ini kata Kadisporapar Kuningan Drs Jaka Chaerul masih dalam rangkaian Hari Jadi ke-521 Kabupaten Kuningan, kerja bareng Dinas Pemuda dan Olah Raga (Disporapar) dengan PORDASI Kabupaten Kuningan 
Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kuningan H.M. Ridho Suganda S.H M.Si, dihadiri Sekda Dr.H. Dian Rachmat Yanuar M.Si, Asisten Daerah/Ketua PHBN Drs. H. Maman Hermansyah M.Si, serta sejumlah tamu undangan lainnya.
Image
(Wabup HM Ridho Suganda Saat Membuka Resmi Pacuan Kuda Tradisional)


Menuruta Jaka Chaerul, Pacuan kuda tradisional ini merupakan rangkaian untuk memeriahkan hari jadi Kuningan dan untuk meningkatkan promosi pariwisata, sekaligus melestarikan budaya tradisional. Selain itu kegiatan ini bisa memberikan ruang dan kesempatan bagi para pembalap atau joki untuk meraih prestasi terbaik, tuturnya.

Image
(Dua Joki Bersaing Ketat Untuk Mencapai Garis Finish)



Sementara itu, Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda mengatakan bahwa, kuda telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Kabupaten Kuningan. Mulai dari 'Delman' angkutan tradisional khas Kuningan, maupun sebagai sarana hiburan masyarakat.

Ada istilah "kecil-kecil kuda Kuningan, istilah tersebut sampai saat ini masih akrab didengar oleh seluruh masyarakat Kuningan, yang mempunyai makna bahwa walaupun Kuda Kuningan kecil, tapi bisa bermanfaat sehingga menjadi penyemangat yang selalu tumbuh dalam masyarakat" ucapnya.

Image
(Joki Pacuan Kuda Tradisional Tengah berpacu di Lapang pacuan Kuda Jl Ir Soekarno-Hatta Kuningan)



H.M Ridho berharap pacuan kuda tradisonal ini menjadi ajang uji kemampuan para joki kusir delman, semoga bisa menjadi hiburan untuk masyarakat, ujarnya. 

Sementara itu, Joki A Jaelani tampil sebagai juara umum setelah berhasil meraih juara 1 di grup A, B, grup E, runner-up grup C dan juara 3 di grup D.

(H WAWAN JR)

Pacuan Kuda Kuningan Delman Wabup Kuningan Pacuan Kuda Tradisional


Related Post



Loading...