Advertisement

Minggu, 22 September 2019 15:58 WIB

Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas, Hujan Abu Tipis di Turi

S.N.A —Hot News
Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas, Hujan Abu Tipis di Turi
Luncuran awan panas dari puncak Gunung Merapi terlihat dari Balerante, Klaten, Jawa Tengah, Senin (18/2). Foto: ANTARA FOTO/Agus Sarnyata
Terasjabar.id - Gunung Merapi mengeluarkan awan panas siang ini, Minggu (22/9), sekitar 11.36 WIB. Kolom abu terpantau setinggi lebih dari 800 meter dari kawah.

Dilansir dari Kumparan.com, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat terjadi letusan selama 125 detik saat semburan awan panas berlangsung.


Aktivitas Gunung Merapi tersebut sempat memunculkan abu tipis di Kecamatan Turi, Sleman pada 12.30 WIB hingga 12:54 WIB. Meski begitu, warga di lokasi tersebut tetap tenang.


"Abu tipis terpantau dari sisi barat Tunggul Arum, Wonokerto, Turi. Abu sekarang sudah hilang diterpa angin," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman, Makwan, dalam keterangannya, Minggu (22/9).


Makwan menjelaskan BPBD Sleman terus memantau perkembangan kondisi terkini. Di sisi lain, dia menjelaskan kebutuhan stok masker juga cukup apabila dibutuhkan.


"Warga tenang tidak ada kepanikan, masih kondusif aman terkendali, kebutuhan masker belum dibutuhkan, sementara stok masker cukup di Tunggularum masih ada, bila dibutuhkan akan ditambah stok dari posko BPBD," katanya.
Sampai saat ini Gunung Merapi masih berstatus Waspada. Rekomendasi BPPTKG radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi untuk dikosongkan dari aktivitas penduduk. Masyarakat diimbau tetap tenang tapi selalu mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Hujan Abu Tipis di Turi gunung merapi erupsi lahar panas gunung merapi



Related Post



Loading...

Comment