Angka Kemiskinan dan Pengangguran akan ditempuh melalui Gerbang Desa

Nada 9 11 18 Hot News
Angka Kemiskinan dan Pengangguran akan ditempuh melalui Gerbang Desa

Terasjabar.id - Pemerintah provinsi Jawa Barat menggelar Rapat koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) diruang sidang IR. Soehoed Warnaen lantai 3, Kantor Bappeda Provinsi Jawa Barat Jln. H. Ir.Juanda No.287 Dago Bandung, pada Senin (5/11). Kegiatan Tersebut dibuka Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzwanul Ulum bersama jajaran instansi perangkat daerah dari Pemerintah Propinsi jawabarat serta mengundang para Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kota selaku Ketua TKPK Kabupaten/ Kota bersama Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten/ Kota Se-Jawa Barat.


Dalam sambutannya Wagub Jawa Barat menyampaikan bahwa jumlah penduduk di Jawa Barat termasuk paling terbesar populasinya di Indonesia, "Secara Nasional tidak menutup kemungkinan angka kemiskinan di Jawa Barat akan lebih tinggi, Sebagai pimpinan daerah kita memiliki kewajiban untuk menutaskan angka kemiskinan dengan mensejahterakan masyarakatnya, dimasing-masing Daerahnya. " Menurut wagub, penyelesaian kemiskinan dimasing-masing daerah pasti akan sangat berbeda makanya kami Pemprov Jawa Barat akan berupaya mensinergikan program-program kemiskinan Kabupaten/Kota dengan TKPK Pemprov Jawa Barat. "Pemprov Jawa Barat memiliki sekala prioritas penyelesaian kemiskinan salah satunya melalui pembangunan Inprastruktur, Irigasi dan UMKM, Pembentukan unit penanggulangan cepat kemiskinan (UPCK) khusus bidang kesehatan dan pendidikan" pungkasnya.


Sementara itu Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono yang turut hadir dalam acara itu menyambut baik strategi dan langkah kebijakan yang diambil oleh pihak Pemprov. "Kita tentu menyambut baik atas program yang dilakukan Pemprov, kita sudah sampaikan data jumlah kemiskinan di Kabupaten Sukabumi agar segera bisa tertangani, paling tidak bisa diminimalisir jumlahnya pada setiap tahunnya" jelas wabup. Wabup mengaku, sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus berupaya dengan melakukan berbagai hal untuk mengurangi angka jumlah kemiskinan baik dari sektor pendidikan, kesehatan, juga bantuan sosial lainnya. "Tidak hanya itu, ekonomi kreatif masyarakat juga perlu ditingkatkan, sehingga dapat mengangkat derajat dan status sosial ekonomi masyarakat" jelasnya. Menurut wabup Pengurangan Angka Kemiskinan dan Angka Pengangguran di Provinsi Jawa Barat akan ditempuh melalui Gerbang Desa (Gerakan Membangun Desa). "Antara lain memantapkan kondisi infrastruktur jalan. Jalan Provinsi, Jalan Kabupaten dan Jalan Desa harus dibangun terus, sehingga kendala transportasi dan komunikasi tertanggulangi" pungkasnya.


Related Post

Comment