Kemenlu Pastikan Beri Pendampingan pada Rizieq Shihab

Malda 8 11 18 Hot News
Kemenlu Pastikan Beri Pendampingan pada Rizieq Shihab

Terasjabar.id -Kementerian  Luar Negeri (Kemenlu) memastikan akan mendampingi seluruh warga negara Indonedia (WNI) di luar negeri yang menghadapi kasus hukum tanpa terkecuali.

Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Christiawan Nasir mengatakan, bentuk pendampingan hukum yang dilakukan Kemlu untuk memastikan bahwa hak-hak hukum WNI terpenuhi selama menghadapi masalah hukum.

"Kita (Kemenlu) akan berikan bantuan perlindungan pendampingan dan sesuai dengan hukum yang berlaku di sana, itu yang kita lakukan. Hal yang sama kita lakukan terhadap Muhammad Rizieq Syihab," ujar pria yang kerap disapa Tata, di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Seperti diketahui, pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab diduga tersangkut kasus hukum di Arab Saudi, di mana di kediaman Rizieq Syihab terpasang bendera yang mengarah pada ciri-ciri ekstrimisme.

Ia pun memastikan pendampingan yang didapatkan Rizieq Syihab tidak berbeda dengan WNI lain.

"Kita mendampingi, bukan untuk mendampingi kepentingan keluar. Dalam konteks ini pemerintah akan selalu hadir baik dalam maupun luar negeri," terang dia.

Sementara itu, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum (PWNI) Kemenlu Lalu Muhammad Iqbal menerangkan, tak ada perlakukan khusus yang didapat Rizieq Syihab selama proses pendampingan yang dilakukan oleh Kemenlu.

"Bagi kami kasus ini tidak berbeda dengan kasus WNI lainnya yang menghadapi permasalahan hukum di luar negeri. Tugas Perwakilan sebatas memberikan pendampingan kekonsuleran untuk memastikan hak-hak hukumnya terpenuhi," ujar Iqbal saat dikonfirmasi.

Diketahui, Rizieq Syihab telah dikeluarkan dari tahanan sejak Selasa malam 6 November 2018 lalu, dengan jaminan, setelah sempat dimintai keterangan dan ditahan oleh aparat keamanan Arab Saudi.

(Ren/Sumber:Tribunwow.com)

Related Post

Comment