Advertisement

Cipasung Desa Wisata Rintisan Optimis Tembus 5 Besar Desa Wisata Nasional

Cipasung Desa Wisata Rintisan Optimis Tembus 5 Besar Desa Wisata Nasional
Wabup Kuningan HM Ridho Suganda Mendampingi Visitasi Juri Nasional Kementrian Pariwisata RI di Desa Cipasung Kecamatan Darma
Editor: Malda Teras Kuningan —Jumat, 20 September 2019 11:05 WIB
Terasjabar.id - Desa Cipasung, Kecamatan Darma Kab Kuningan sebagai Desa Wisata Rintisan (DWR) tahun 2019, berpeluang masuk nominasi lima besar setelah sebelumnya masuk 10 besar nasional kategori DWR. 
Hal itu dikemukakan Kades' Cipasung Nanang Nuryadi, S.Ag saat visitasi juri nasional Kementerian Pariwisata di lokasi wisata Tanjung, Desa Cipasung, Kamis (19/9/2019). 
Gambar mungkin berisi: 8 orang, orang tersenyum, orang duduk dan dalam ruangan
(Visitasi Juri Nasional Saat Penilaian dan Wawancara dengan Penggiat Wisata Desa Cipasung)
"Saya mengharapkan bisa menembus lima besar nasional, dan bisa diterima oleh Menteri Pariwisata RI,” terang Nanang.
Dalam kaitan ini, Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti Jakarta,  Agie Pradipta, M.Si minta agar di Kecamatan Darma ada tiga desa wisata 'pendekar'. Yakni terbentuknya tiga desa wisata yang mencakup Desa Cipasung, Desa Sakerta Timur dan Desa Jagara dalam menyongsong penataan Waduk Darma menjadi waduk terbaik nasional di Jawa Barat, papar dia.
“Kita mengharapkan ke tiga desa itu  nantinya menjadi kawasan wisata yang layak dipasarkan secara bersama. Misalnya, Desa Sajerta timur (Saktim) memiliki lokasi 'Geger Beas', bila mau melihat matahari terbit bisa dari Desa Cipasung dan jika mau melihat indahnya matahari terbenam dari Desa Jagara,” ujar dia.
Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan dalam ruangan
Dalam kontek ini diharapkan agar desa Cipasung menjadi raja di desanya, bukan dari luar desa atau daerah lainnya. Misalnya dengan banyaknya investor yang justru mematikan pengusaha lokal.
Sementara itu, Tim penilai yang terdiri dari Dr. Diana Simanjuntak dan Dr. Budi Setiawan dari Kemenpar serta Wakil Bupati Kuningan, H.M Ridho Suganda disambut dengan tarian tradisional Mapag Tamu dipandu 'Mang Lengser'. 
Rombongan Wabup sebelumnya naik perahu dari obyek wisata Waduk Darma menuju lokasi desa wisata, dan turun di lokasi pengembangan wisata Tanjung.
(H WAWAN JR)

Cipasung Desa Wisata Kuningan Wisata Nasional.


Related Post


 


Loading...