645.482 Warga Jabar Adalah Pecandu Narkoba, BNNP: Ayo Rehabilitasi, Gratis!

Sfarahita 8 11 18 Teras Bandung
 645.482 Warga Jabar Adalah Pecandu Narkoba, BNNP: Ayo Rehabilitasi, Gratis!

Terasjabar.id - Provinsi Jawa Barat, berdasarkan survei Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 2017 lalu, prevelensi jumlah penyalahguna atau pecandu narkoba di Jabar sebanyak 645.482 atau 1,83% dari total populasi penduduk 35.242.100.

Namun begitu, dari banyaknya jumlah pengguna narkotika, enggan melakukan rehabilitasi. Atas itu, BNNP Jabar, kerap kali mengembalikan anggaran rehabilitasi kepada negara setiap tahunnya.

"‎Ada beberapa faktor penyebab (enggan rehabilitasi), ketidaktahuan rehabilitasi gratis dan juga keluarga yang malu akan stigma masyarakat," kata Kepala BNNP Jabar Brigjen Pol Sufyan Syarif, di Bandung, Kamis (8/11/2018).

Untuk 2018 ini saja, anggaran BNNP Jabar untuk rehabilitasi, masih tersisa dua bulan, untuk bulan November dan Desember. Adapun dana yang disiapkan tersedia untuk 200-300 pecandu. Estimasi biaya Rp1,2 juta untuk rawat jalan dan Rp9 juta untuk rawan inap selama tiga bulan di Lido, Sukabumi.

"Ini (dana rehabilitasi) masih ada untuk dua bulan. Dana rehabilitas masih banyak, silakan datang untuk disembuhkan. Gratis. Masyarakat tinggal mendaftar ke BNNP, kami TAT, diperiksa, dan disembuhkan. Untuk rawat jalan bisa ke kantor-kantor BNN kabupaten kota," ujar dia.

Dengan tidak melakukan rehabilitasi, para pencandu narkotika sendiri, sebenarnya, dapat dikenakan hukum pidana. Dikatakan, ‎Kepala Bidang Rehabilitasi BNNP Jabar Anas Saepudin mengatakan, dalam Undang-undang Narkotika telah diatur, barang siapa pecandu yang tak dengan kesadaran diri sendiri melakukan rehabilitasi bisa dikenai pidana penjara 6 bulan.

Begitu juga keluarganya, orang tua yang tahu bahwa anaknya pecandu narkoba tetapi tidak melakukan rehebalitasi, bisa dikenakan pidana.

"Karena itu, jika tak ingin dipidana, bawa pecandu ke lembaga kesehatan atau BNN kota/kabupaten untuk direhabilitasi, gratis. Biayanya ditanggung negara," ujar Anas.

(Sasa/Sumber:Okezone.com)

Related Post

Comment