Tips Kurangi Rasa Sakit Akibat Wasir, Simak Guys!

Sfarahita 8 11 18 Life Style
 Tips Kurangi Rasa Sakit Akibat Wasir, Simak Guys!

Terasjabar.id - Wasir atau ambeien merupakan hal yang sangat merepotkan juga menyakitkan, apalagi untuk Anda yang banyak melakukan aktivitas. Memang tidak terlihat, tetapi sangat terasa risih dan juga mengganggu semua pergerakkan.

Wasir terdapat pada daerah anus atau dubur dengan adanya pembengkakan pembuluh darah di area tersebut. Hal ini terjadi dengan adanya peningkatan tekanan dalam pembuluh darah vena di sekitar anus atau dubur, sehingga menghalangi aliran darah.

Pengobatan dari dalam bisa Anda lakukan dengan cara diet tinggi serat, sehingga bisa mengurangi rasa sakit di bagian dubur saat mengeluarkan kotoran. Konsumsilah buah-buahan dan sayuran kaya serat, beras merah, gandum utuh, dan kacang-kacangan untuk bantuan sakit ambeien. Jangan tinggalkan minum banyak air juga bisa mencegah sembelit.

Maka cobalah Anda melakukan pengobatan alami di rumah, sebelum wasir terjadi lebih parah lagi. Inilah beberapa tips yang harus kamu coba seperti dilansir dari Readers Digest, Rabu (7/11/2018) sebagai berikut:

1. Kantung teh

Wasir dapat ditenangkan dengan menerapkan kantung teh basah yang hangat. Asam tannic dalam teh akan membantu mengurangi pembengkakan, meringankan rasa sakit, dan meningkatkan pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan.

2. Kurangi duduk

Jika Anda mempunyai pekerjaan yang banyak menghabiskan waktu di bangku kantor, cobalah seimbangi dengan melakukan berjalan selama lima menit. Setidaknya hal itu bisa mengurangi tekanan rektal yang menyebabkan wasir.

Saat pergi untuk gym, jangan gunakan sepeda stasioner dan squat karena hal itu bisa menyebabkan tekanan pendarahan pada wasir. Cobalah berjalan cepat selama 20 hingga 30 menit untuk mendorong fungsi usus.

3. Berendam dengan air hangat

Air hangat meningkatkan aliran darah untuk membantu mengecilkan vena yang bengkak. Dengan melarutkan beberapa sendok garam Epsom di bak mandi akan membantu menyempitkan wasir lebih banyak lagi.

Duduklah dengan posisi yang nyaman hingga aliran air terasa sampai ke bagian dalam dubur, diam hingga beberapa menit.

4. Minyak witch hazel

Witch hazel penuh tanin membantu menyusutkan pembuluh darah. Rendamlah bola-bola kapas pada minyak tersebut, tempelkan ke bagian wasir.

5. Gunakan tisu

Jangan pernah menggunakan tisu yang memiliki aroma menyengat atau berwarna, karena banyak kandungan kimia yang terkandung. Jika ingin mengeringkan, gunakan tisu lembut jangan yang memiliki aroma tambahan.

6. Jagalah kebersihan

Mandi atau membersihkan bagian dubur dengan air hangat, itu sangat membantu untuk lebih cepat mengeringkan wasir. Jangan menggunakan sabun dahulu pada area wasir, karena mandi dengan air hangat juga sudah cukup membersihkan dubur.

(Sasa/Sumber:Okezone.com)

Related Post

Comment