Advertisement

Minggu, 15 September 2019 16:25 WIB

Mengintip Ruang Kerja BJ Habibie di PT Dirgantara Indonesia Bandung

Irman Aryagung —Teras Bandung
Mengintip Ruang Kerja BJ Habibie di PT Dirgantara Indonesia Bandung
Lukisan Habibie muda dari pelukis ternama Indonesia, Basuki Abdullah terpampang di ruang utama tempat kerja BJ Habibie di lantai 9 Gedung PT Dirgantara Indonesia Bandung. (Fo-Foto: iNews.id/Billy Maul

Terasjabar.id – PT Dirgantara Indonesia (DI) di Bandung, Jawa Barat tidak bisa lepas dari sosok Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Di industri penerbangan yang semula bernama PT Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) itu, Habibie menjabat sebagai presiden direktur pada 1976.

Meski demikian, ruang kerja sekaligus ruang istirahat BJ Habibie yang berada di lantai 9 Gedung Pusat Manajemen PT DI jauh dari kesan mewah. 

Penelusuran iNews, Kamis (12/9/2019), ruang istirahat penemu teori keretakan pesawat atau Teori Habibie itu sangat sederhana dan jauh. Ruangan tersebut hingga saat ini masih tertata rapi, tanpa ada perubahan.

Di lantai 9 ini, terdapat ruang kerja, ruang rapat, sekaligus ruang beristirahat Habibie. Di area ruang utama terdapat satu lukisan besar bergambar sosok Habibie muda yang tengah menatap dua helikopter. 

Lukisan itu merupakan pemberian dari pelukis ternama Indonesia, Basuki Abdullah yang menggambarkan semangat Habibie sebagai pengembang industri dirgantara Indonesia.

Sementara di sudut lainnya terpampang sebuah sajak yang ditulis tangan langsung oleh Habibie tanggal 5 November 1994. Sajak itu dipersembahkan kepada generasi penerus dan disampaikan pada acara roll out Pesawat N250 tanggal 10 November 1994 di Bandung.

Yang paling menarik adalah ruang makan dan kamar istirahat BJ Habibie yang posisinya berdekatan. Ruangan ini dulunya sering digunakan Habibie untuk beristirahat selepas bekerja. 

Meski terbilang cukup luas, tidak ada kesan mewah di ruangan ini. Hanya ada tempat tidur, meja rias, beberapa kursi dan sebuah sofa. Sementara di sudut ruangan terdapat beberapa miniatur pesawat yang dipajang sebagai hiasan.

Kenangan akan sosok Habibie yang sederhana dan bersahaja itu dirasakan Pujiati, salah satu staf bagian Direktorat Produksi saat Habibie menjabat sebagai direktur utama. 

Menurut Pujiati, Habibie merupakan sosok kebanggaan PT DI yang dikenal penyabar dan penyayang khususnya kepada sang istri, Ibu Ainun.

“Bapak (Habibie) tidak pernah marah dan selalu tersenyum di hadapan para pegawai PT DI,” katanya, Kamis (12/9/2019).

Kini sosok jenius yang dikenal religius dan murah senyum itu telah berpulang. Namun almarhum telah menorehkan prestasi yang akan selalu menjadi panutan dan motivasi bagi para generasi penerus untuk meneruskan cita-citanya di industri dirgantara Indonesia.

 

 

 

 

 

 

(iNews.id)

 

Mengintip Ruang Kerja BJ Habibie di PT Dirgantara Indonesia Bandung



Related Post



Loading...

Comment