Advertisement

Sabtu, 14 September 2019 13:33 WIB

Kapal Angkatan Laut AS Berlayar Dekat Pulau-Pulau yang Diklaim China

Irman Aryagung —Hot News
Kapal Angkatan Laut AS Berlayar Dekat Pulau-Pulau yang Diklaim China
Kapal perang AS di Pulau Paracel, Laut China Selatan. (FOTO: AFP Photo/STR)

Terasjabar.id – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menyatakan salah satu kapal perusaknya berlayar dekat dengan Kepulauan Paracel yang dikuasai China di Laut China Selatan. Hal itu sebagai penegasan kepada China terkait kebebasan internasional atas hak navigasi di perairan yang diperebutkan itu.

Kapal perusak rudal berpemandu USS Wayne E Meyer melewati area Paracel di sebelah timur Vietnam dan Selatan Pulau Hainan China tanpa meminta izin dari China, atau dari Hanoi atau Taipei, yang juga mengklaim memiliki wilayah itu.

Langkah ini dapat menambah ketegangan antara AS dan Cina, yang kini memanas dalam perang dagang, di saat China juga mendorong memperluas jangkauan militernya secara global.

"USS Wayne E. Meyer menantang pembatasan pada jalur tidak bersalah yang diberlakukan oleh China, Taiwan, dan Vietnam dan juga menentang klaim China atas garis dasar lurus yang melapisi Kepulauan Paracel," kata Komandan Reann Mommsen, juru bicara Armada ke-7 AS yang berbasis di Jepang, seperti dilaporkan AFP, Sabtu (14/9/2019).

"Dengan garis dasar ini, China berusaha mengklaim lebih banyak perairan internal, laut teritorial, zona ekonomi eksklusif, dan landas kontinen daripada yang berhak (dia klaim) menurut hukum internasional."

China mengklaim hampir semua Laut China Selatan dan membangun banyak pos militer di pulau-pulau kecil di wilayah itu. Hal ini memicu amarah Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, dan Taiwan.

Dalam beberapa bulan terakhir, militer AS meningkatkan "kebebasan operasi navigasi" atau "FONOPS" di wilayah itu, membuat China geram namun sejauh ini belum memicu konfrontasi.

 

 

 

(iNews.com)

 

Kapal Angkatan Laut AS Berlayar Pulau China



Related Post



Loading...

Comment