Advertisement

Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuh Ketika Kamu Makan Terlalu Banyak

Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuh Ketika Kamu Makan Terlalu Banyak
Ilustrasi Makan Makanan Cepat Saji. ©iStock
Editor: Alip Bagja Nur Ilahi Teras Health —Sabtu, 14 September 2019 13:29 WIB

Terasjabar.id – Ketika makanan melimpah di hadapanmu, salah satu hal yang biasa kamu lakukan adalah dengan makan sebanyak-banyaknya. Tersedianya makanan lezat dan cuma-cuma di hadapanmu ini bisa jadi membuatmu lepas kendali dan kebanyakan makan.

Semua hal yang terlalu banyak ini tentu tidak baik bagi tubuh. Terlalu banyak makan merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan masalah pada kesehatanmu.


Dilansir dari Insider, makan berlebih dijelaskan oleh Robert Glatter, M.D., asisten profesor di Lenox Hill Hospital, Northwell Health dalam dua hal. Seseorang terhitung makan berlebih ketika dia mengonsumsinya di atas kebutuhan tubuh serta di atas batas yang bisa kamu konsumsi.

Definisi makan berlebih ini bisa sangat subyektif dan tergantung pada tubuh seseorang. Terdapat beberapa faktor yang bisa menentukan apakah kamu makan berlebih.

Komposisi tubuh, usia, tinggi dan berat badan, jumlah kegiatan sehari-hari, pola tidur, serta kondisi medis, merupakan hal yang dapat dipertimbangkan untuk mengukur apakah kamu terlalu banyak makan.

"Seseorang dapat mengukur seberapa jumlah makanan terlalu banyak dengan menggabungkan jurnal makanan, kontrol porsi makan, serta memperhitungkan kebiasaan makan secara intuisi maupun penuh perhitungan," terang pakar diabetes dan kesehatan dari Blue Cross Blue Shield, Michigan, Grace Derocha.

"Taktik ini bisa digunakan untuk mempelajari perbedaan antara ketika kamu kenyang atau puas dibanding ketika lapar bisa membantu mengetahui apakah kamu makan terlalu banyak," sambungnya.

Bagaimana Cara Mengetahui Kamu Makan Terlalu Banyak?

Kamu bakal tahu apakah kamu makan terlalu banyak dari sejumlah pertanda yang muncul pada tubuh. Hal ini biasanya terasa pada gigitan atau suapan terakhir yang kamu rasa.

Sebagai contoh, kamu bisa tiba-tiba merasa bibir panas walau makanan yang kamu konsumsi tak pedas. Derocha mengungkap bahwa rasa panas yang tak berhubungan ini bisa menjadi indikasi jelas kamu makan terlalu banyak karena temperatur tubuh meningkat saat kamu mengunyah.

Pertanda lain yang muncul adalah ketika kamu butuh beristirahat atau melonggarkan celana untuk menghilangkan rasa tak nyaman ketika makan bisa jadi pertanda kamu makan terlalu banyak. Namun bisa jadi tanda kamu makan terlalu banyak ini tidak muncul secara fisik.

Derocha mengungkap pertanda ini bisa muncul dalam bentuk lain.

"Jika pikiran untuk menghabiskan makanan di piring atau di mulutmu tidak tertahankan," terang Derocha.

"Hal ini merupakan pertanda bahwa rasa laparmu telah terpenuhi dan kamu sekarang kenyang," sambungnya.

Makan Terlalu Banyak Bisa Buat Tubuhmu Bekerja Keras

Lapar mata yang kamu alami bisa membuatmu menjadi makan berlebihan dan di atas kemampuan perutmu. Makan terlalu banyak ini disebut oleh Derocha bisa mengakibatkan sejumlah dampak buruk pada tubuh.

Makan terlalu banyak bisa meningkatkan kadar gula darah karena tubuhmu menjadi bekerja lebih banyak dan memproduksi lebih banyak insulin dibanding biasanya. Hasilnya, kamu bisa mengalami sakit kepala, mudah haus, kelelahan, atau menjadi lesu.

Hal ini juga dapat membuatmu lebih mudah bertambah berat badan. Kalori dan gula darah yang ada di tubuh yang berlebihan ini bisa jadi disimpan di dalam tubuh.

Dampak Makan Terlalu Banyak Terhadap Otak

Dijelaskan bahwa ketika kamu makan berlebihan, organ pencernaanmu bakal membengkak sehingga muncul kembung, rasa tak nyaman, mual, dan bahkan asam lambung. Makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga pola tidur dan fungsi otak bisa terganggu.

"Penelitian terbaru mengungkap bahwa makan berlebih atau mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula pada jangka panjang bisa mencederai fungsi kognitif," terang Derocha.

"Sejumlah temuan termasuk kehilangan memori, kerusakan dalam penilaian, dan peningkatan materi putih di otak (biasa dihubungkan dengan orang lebih tua," sambungnya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kamu Makan Terlalu Banyak?

Ketika kamu makan terlalu banyak, penting untuk menjaga tubuh secara fisik dan mental. Sebaiknya segera pikirkan hal lain serta selanjutnya pilih makanan sehat dan kaya nutrisi untuk makanan berikutnya.

Ketika kamu menyadari bahwa kamu makan terlalu banyak, Derocha menyarankan untuk mencukupi kebutuhan air putih. Menjaga asupan air di tubuh ini bisa membantu tubuh mencerna makanan serta membersihkan sistem tubuh dari kelebihan asupan sodium.

Selain itu disarankan juga untuk aktif secara fisik agar metabolisme terjaga dan bisa membakar lebih banyak kalori. Namun tentu jangan melakukan olahraga yang terlalu keras setelah makan

 

 

 

 

 

 

(SINDOnews.com)

Tubuh Ketika Kamu Makan Terlalu Banyak


Related Post



Loading...