Advertisement

Waspada Deman Berdarah Saat Musim Hujan, Ini Cara Antisipasinya Menurut Dinkes Kota Cimahi

Nada 8 11 18 Teras Cimahi
Waspada Deman Berdarah Saat Musim Hujan, Ini Cara Antisipasinya Menurut Dinkes Kota Cimahi

Terasjabar.id - Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) mengunakan metode 3M plus untuk antisipasi kasus Demam Berdarah (DBD).


Dinas Kesehatan Kota Cimahi menyatakan populasi nyamuk demam berdarah semakin meningkat pada musim hujan.


Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Romi Abudrakhman, menyatakam genangan air sisa hujan bisa menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak.


–– ADVERTISEMENT ––


"Bahkan genangan air di daun saja, nyamuk bisa berkembang biak apalagi di genangan air yang banyak sampahnya. Jadi antisipasinya dengan PSN itu," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (7/10/2018).


Ia menjelaskan melakukan PSN tersebut dengan cara menguras tempat penampungan air.


Kemudian menutup tempat penampungan air dan tak memanfaatkan kembali barang bekas yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat perkembangbiakan nyamuk.


"Adapun plusnya adalah segala bentuk kegiatan pencegahan, seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air," katanya.


Upaya dari Dinkes Kota Cimahi untuk antisipasi kasus DBD tersebut, kata dia, adalah memeriksa jentik nyamuk secara rutin oleh kader pemeriksa jentik dan petugas kesehatan.


"Sekarang lagi melakukan kerja sama dengan Litbangkes, terus tahun depan kita ada lomba RW bebas jentik," katanya.


Diberitakan sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Cimahi mencatat penderita Demam Berdarah (DBD) di Kota Cimahi sejak Januari hingga Oktober 2018 mencapai 216 kasus.


Kasus DBD yang tercatat itu tersebar di semua kelurahan se-Kota Cimahi. Kasus DBD tersebut telah menyakibatkan dua di antara penderitanya meninggal dunia.


(Hadidena/Sumber: Tribun Jabar)


Related Post

Comment