Advertisement

Rabu, 7 November 2018 19:01 WIB

Berikan Anak 5 Camilan Sehat Agar Tak Gemuk, Cek yuk!

Dea —0
Berikan Anak 5 Camilan Sehat Agar Tak Gemuk, Cek yuk!

Terasjabar.id - Sering ngemil gorengan atau cokelat bisa membuat si kecil alami kegemukan. Agar tetap sehat, Anda bisa berikan camilan sehat ini.

Ngemil menjadi salah satu kegemaran si kecil. Namun, terkadang banyak orangtua yang memilih camilan tidak sehat untuk si kecil. Padahal, camilan yang memiliki rasa manis dan mengandung banyak minyak bisa membuat anak ketagihan dan akhirnya kegemukan.

Anak dengan obesitas empat kali lebih mudah mengalami diabetes tipe 2. Selain itu, anak yang alami kelebihan berat badan dapat berpeluang terjadi obesitas di usia dewasa. Juga alami masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, gangguan pernafasan termasuk gangguan tidur dan asma, masalah sendi dan ketidaknyamanan musculoskeletal, hati terlapisi lemak hingga kanker.

Agar tubuh si kecil tetap ideal dan dapat bergerak aktif, sebaiknya pilihlah camilan sehat. Camilan yang sehat bisa dibuat sendiri di rumah dengan kandungan gizi yang seimbang. Berikut ini beberapa camilan sehat yang bisa Anda berikan pada si kecil.

1. Buah segar
Buah Segar
Buah-buahan bisa jadi pilihan camilan yang enak dan juga menyehatkan untuk si kecil. Buah semangka, apel, jeruk, melon hingga pisang menjadi buah-buahan yang banyak disukai anak. Buah-buahan tidak hanya menyediakan kandungan vitamin dan mineral, tetapi juga kaya akan antioksidan.

Cara terbaik untuk konsumsi buah-buahan adalah dalam bentuk utuh. Akan tetapi si kecil bisa juga diberikan buah dalam bentuk pudding ataupun jus.

2. Es loli
es loli
Sepulang sekolah, es loli pasti jadi camilan dingin kesukaan si kecil. Es loli bisa jadi pilihan pemberian camilan sehat bagi si ekcil yang tak suka buah.

Buah alpukat, jeruk hingga mangga bisa dibuat menjadi es loli. Caranya dengan menghaluskan buah dan campurkan dengan susu serta sedikit gula secukupnya kemudian bekukan. Anda juga dapat mencampurkan yogurt yang kaya akan prebiotik untuk sehatkan pencernaan.

3. Keju
Keju
Selain susu, keju juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan juga gigi. Selain dapat dibuat sebagai campuran roti, keju juga bisa dijadikan camilan finger food untuk si kecil. Keju juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti protein, zinc dan juga vitamin B12. Meskipun sehat, Anda tetap harus memperhatikan pemberian porsi keju. Jangan mengonsumsi keju lebih dari 28 gram setiap hari agar keseimbangan tubuh tetap terjaga.

4. Perhatikan proses memasak

Untuk makanan pokok sehari-hari, yang perlu diperhatikan adalah cara memasaknya. Selain digoreng, memasak untuk si kecil pun harus dikombinasikan. Untuk meminimalisir kandungan kalori, Anda bisa memasak makanan untuk si kecil dengan cara dipanggang atau kukus.

5. Susu

Susu bisa jadi andalan para ibu untuk menambah asupan kalsium dan protein. Selain bekal nasi dan lauknya, Anda juga bisa melengkapi makan siang anak dengan susu. Susu mengandung protein yang baik untuk menjaga jaringan sel tubuh serta tinggi akan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Pilihlah susu yang plain tanpa rasa agar kandungan gulanya lebih rendah.

(Sasa/Sumber:DetikFood)

Camilan Anak Agar Tak Gemuk Sehat



Related Post



Comment