Advertisement

Kamis, 12 September 2019 19:04 WIB

Ini Pentingnya Safety Riding bagi Pengemudi Sepeda Motor

Fahrul Maulana —Life Style
Ini Pentingnya Safety Riding bagi Pengemudi Sepeda Motor
Safety riding atau keamanan berkendara merupakan hal yang wajib diperhatikan setiap pengendara sepeda motor. (Foto: iNews.id)

Terasjabar.id - Safety riding atau keamanan berkendara merupakan hal yang wajib diperhatikan setiap pengendara sepeda motor. Namun, masih banyak pengendara yang justru tak acuh terhadap keselamatan berkendara.

Head Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati (main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang), Agus Sani mengatakan, butuh waktu agar pengendara sadar dengan kebiasaan berkendara dengan benar.

"Betul, masih banyak pengendara yang tidak memperhatikan standar keselamatan sendiri. Tapi, lambat laun pasti akan berubah sifat berkendara," ujar Agus Sani, saat Gymkhana Battle for Journalist di Jatake, Tangerang, baru-baru ini.

Agus menambahkan, perlu waktu dan konsistensi bagi pengendara untuk berubah. Inilah kendala terbesar dalam pelaksanaan safety riding untuk memengaruhi prilaku berkendara.

"Sebab banyak sekali yang tidak sabar dan menganggap tidak ada efeknya ikut safety riding. Padahal, manfaatnya tidak hanya untuk dirinya, tapi juga orang lain. Saat berkendara berboncengan misalnya," kata Agus.

Secara umum, Hari menjelaskan materi praktik pelatihan safety riding hampir sama dengan kebiasaan berkendara sehari-hari di jalanan, yakni slalom, pengereman, melewati papan titian, dan rintangan bergelombang.

Namun banyak orang seringkali tidak tahu apa tujuan dari praktik dengan rintangan-rintangan tersebut. Hanya sekadar melewati dan menjalaninya saja.

"Misalkan slalom, manfaatnya untuk untuk melatih kemampuan dan menjaga irama keseimbangan tubuh saat menikung. Dalam slalom ditekankan pentingnya pengontrolan bodi pengendara motor," ujarnya.

Sementara pelatihan melewati jalan titian berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh ketika melewati jalan-jalan sempit. Sedangkan pelatihan rintangan gelombang untuk melatih keseimbangan saat melewati jalan tak rata.

"Semua pelatihan tersebut bertujuan agar pengendara bisa menghindari hal terburuk. Misalnya terjadi slip, kemudian terjatuh dan berakibat fatal," kata Hari.

 

(iNews.com)





Related Post


 


Comment