Advertisement

Kamis, 12 September 2019 16:20 WIB

Bawa Beban Berlebih di Tol Cipularang Siap-siap Dikeluarkan di Gerbang Tol Terdekat

Malda —Hot News
Bawa Beban Berlebih di Tol Cipularang Siap-siap Dikeluarkan di Gerbang Tol Terdekat

Terasjabar.id - Berdasarkan data dari Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, sejak bulan Januari hingga September, ada 3000 kecelakaan yang terjadi di ruas Jalan Tol Cipularang

Dari ribuan pelanggar tersebut, 55 persennya atau sekitar 1700-an kendaraan melakukan pelanggaran dalam bentuk Over Dimension Over Load (ODOL).

General Manager Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, A.J. Dwi Winarsa, khusus untuk kendaraan yang overload, berat beban yang diangkut bahkan mencapai 38 ton dari ketentuan maksimal 12 ton.

"Artinya pemilik memaksakan sopir membawa beban berlebih di kendaraan. Belum lagi yang dimensinya berlebih, bahkan lebih dari 1 meter," ujar Dwi saat ditemui di KM 120 Tol Purbaleunyi, Kamis (12/9/2019).

Sanksi yang dijatuhkan pada kendaraan ODOL yakni penilangan, pemotongan kelebihan dimensi, dan kendaraan dikeluarkan di gerbang tol terdekat.

"Rencananya kita akan cari tempat untuk opsi menurunkan muatan yang berlebih, tapi kendaraannya tetap dikeluarkan di gate tol terdekat," tuturnya.

Sementara itu, Abdul Syukur, BPTD Wilayah IX Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat), mengatakan dalam seminggu pihaknya menindak 25 kendaraan ODOL yang melintas di ruas Jalan Tol Purbaleunyi.

"Kalau sopir diperintah bos, makanya bos perusahaan langsung kita surati terkait kepatuhan di jalan tol. Ada juga surat soal eksekusi sanksi pemotongan dimensi, kita beri waktu sebulan biar diselesaikan," katanya.

Pihaknya bakal meningkatkan intensitas pemeriksaan kendaraan ODOL di ruas Jalan Tol Purbaleunyi. "Karena kita bekerjasama dengan Jasa Marga juga, tapi yang berwenang melakukan penindakan kami," tegasnya.

(SDK)

Tol Cipularang Kecelakaan Beruntun Mahkluk Halus Prabu Siliwangi Kuncen Gunung Hejo Cerita Mistis Tol Cipularang Minimalisir Kecelakaan Polisi Alat Baru di Cipularang Bawa Beban Berlebih Tol



Related Post



Comment