Advertisement

Kamis, 12 September 2019 15:57 WIB

Soal Sepak Bola, Ini Pesan BJ Habibie kepada Sang Cucu Rafid

Fahrul Maulana —Sport Style
Soal Sepak Bola, Ini Pesan BJ Habibie kepada Sang Cucu Rafid
Mochammad Rafid Habibie (Foto: Instagram @rafidhabibie)

Terasjabar.id - Presiden Ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB. Sebelum wafat, dia pernah berpesan kepada sang cucu Mochammad Rafid Habibie yang gemar bermain sepak bola agar jangan pernah meninggalkan pendidikan.

Wejangan tersebut didapat sesaat sebelum Rafid mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri, April 2017. Dalam agenda tersebut, dia ikut seleksi bersama 11 pemain dari luar negeri. 
 
Pemusatan latihan itu digelar Garuda Asia jelang mentas pada Piala AFF U-18 2017 di Myanmar. Sayang, Rafid kalah bersaing. Coach Indra lebih memilih Samuel Christianson dan Syahrian Abimanyu. 
 
“Beliau (BJ Habibie) pernah berpesan kepada saya boleh menjadi apa pun. Tapi dia menekankan, saya harus melanjutkan tradisi keluarga yaitu jangan melupakan pendidikan,” kata Rafid saat itu. 
 
Tak hanya itu, sang ayah Rully Habibie yang merupakan keponakan BJ Habibie juga pernah mendapat pesan. BJ Habibie pernah berkata sepak bola dan insinyur ternyata memiliki kesamaan. 
 
“Persamaan sepak bola dan insinyur adalah membuat keputusan tepat dalam waktu yang cepat. Hal itu yang disampaikan Pak Habibie,” ujar Rully. 
 
Hingga kini, Rifad masih merajut mimpinya sebagai pesepak bola profesional. Setelah ditolak Timnas U-19, dia menimba ilmu di Portugal dan Italia. Kemudian terbaru, pemuda 19 tahun itu juga menjalani trial dengan Borneo FC. 

 

(iNews.com)

Soal Sepak Bola Ini Pesan BJ Habibie kepada Sang Cucu Rafid



Related Post


 


Comment