Advertisement

Kamis, 12 September 2019 13:19 WIB

Yuk, Perhatikan Gejala Gagal Jantung!

Alip Bagja Nur Ilahi —Teras Health
Yuk, Perhatikan Gejala Gagal Jantung!
Gagal jantung seperti yang diidap mendiang BJ Habibie memiliki beberapa gejala. Pada dasarnya, penyakit ini bersifat berkelanjutan (kronis) atau mulai tiba-tiba (akut). Foto/Istimewa.

Terasjabar.id – Gagal jantung seperti yang diidap Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie memiliki beberapa gejala. Pada dasarnya, penyakit ini dapat bersifat berkelanjutan (kronis) atau kondisi mulai tiba-tiba (akut).

Beberapa gejala gagal jantung yang biasanya terjadi, diantaranya adalah sesak nafas (dispnea) saat pasien memaksakan diri atau saat berbaring, kelelahan dan kelemahan, pembengkakan (edema) di kaki, pergelangan kaki, dan kaki.

Dilansir Mayoclinic, detak jantung cepat atau tidak teratur, mengurangi kemampuan berolahraga, batuk terus menerus atau mengi dengan dahak berwarna putih atau merah muda, kebutuhan buang air kecil yang meningkat di malam hari.


Pembengkakan perut (asites), penambahan berat badan sangat cepat dari retensi cairan, kurang nafsu makan dan mual, kesulitan berkonsentrasi atau penurunan kewaspadaan, tiba-tiba, napas pendek dan batuk lendir berwarna merah muda, nyeri dada jika gagal jantung disebabkan oleh serangan jantung.

Gagal jantung merupakan kondisi dimana ketika otot jantung tidak dapat memompa darah sebagaimana mestinya. Kondisi tertentu, seperti arteri yang menyempit di jantung (penyakit arteri koroner) atau tekanan darah tinggi, secara bertahap membuat jantung terlalu lemah atau kaku untuk diisi dan dipompa secara efisien.

 

 

 

 

 

 

(SINDOnews.com)

Yuk Perhatikan Gejala Gagal Jantung



Related Post



Comment