Advertisement

Kamis, 12 September 2019 13:09 WIB

12 Tips Awet Muda Ampuh dari Pakar Kesehatan dan Kecantikan

Alip Bagja Nur Ilahi —Life Style
12 Tips Awet Muda Ampuh dari Pakar Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi perawatan wajah. ©Shutterstock

Terasjabar.id – Seperti apa tips awet muda yang benar-benar ampuh? Sebenarnya tak ada satu trik yang bisa memperlambat jam biologis manusia. Ada yang bilang kalau awet muda adalah pola pikir. Seseorang akan terlihat lebih muda jika jiwanya masih muda.

Namun para pakar kesehatan dan kecantikan cenderung berpendapat kalau awet muda adalah 'efek samping' dari komitmen untuk merawat tubuh dan pikiran. Karena itulah, tips awet muda merupakan komitmen untuk menjaga kesehatan dari luar dan dalam. Komitmen yang tidak akan menunjukkan hasil signifikan jika tidak dilakukan dengan disiplin selama bertahun-tahun.

Berikut ini kami tampilkan tips-tips awet muda yang direkomendasikan oleh para pakar kesehatan dan kecantikan seperti dilansir Healthline.

Jangan Lupakan Cleansing

Ilustrasi perawatan wajah. Shutterstock

Michelle Wong, doktor pengobatan berbahan sintetis dan pakar kecantikan berbasis sains menyebut cleansing sebagai langkah penting dalam menjaga kulit agar senantiasa awet muda. Cleansing penting untuk membersihkan sisa produk kecantikan, makeup, polutan, dan minyak berlebih dari pori-pori. Jika dibiarkan, penumpukan residu ini akan menyebabkan penyumbatan. Produk anti-aging yang Anda gunakan pun tak akan bekerja secara efektif, karena tidak bisa menembus lapisan kulit.

Pastikan Anda menggunakan cleanser lembut yang tidak mengandung alkohol agar kulit tidak kehilangan kelembapan. Ini adalah dasar dari perawatan kecantikan untuk kulit awet muda lebih lama.

Eksfoliasi Secara Teratur

Ilustrasi perawatan wajah. Merdeka.com

Semakin bertambah usia, semakin lambat pula laju peremajaan sel kulit. Karena itulah kita memerlukan eksfoliasi. Rangsang kulit untuk memperbarui diri dengan scrub. Dengan demikian kulit terhindar dari flek, warna kulit tidak merata, dan kekusaman.

Ada dua jenis eksfoliator, yaitu fisik seperti gula, kopi, dan loofah serta eksfoliator kimia seperti enzim pepaya, enzim nanas, dan AHA. Jenis eksfoliator fisik yang paling cocok untuk kulit matang adalah spons lembut atau washcloth. Sementara eksfoliator kimia yang direkomendasikan adalah alpha-hydroxy acids (AHA) seperti glycolic acid dan lactic acid.

Tepuk-Tepuk Serum, Bukan Diusap

Ilustrasi perawatan wajah. Shutterstock

Jika Anda menggunakan serum wajah, aplikasikan dengan cara ditepuk-tepuk. Jangan diusap, karena gerakan ini justru rawan membuat kulit lebih cepat keriput. Selain itu, aplikasi dengan cara ditepuk-tepuk akan membantu produk terserap lebih baik.

Berteman dengan Vitamin A dan C

Ilustrasi perawatan wajah. Shutterstock

Bahan aktif yang perlu Anda cari di dalam produk anti-aging adalah turunan vitamin A yang disebut retinoid (retinol, tretinoin, dan tazarotene). Vitamin C (L-ascorbic acid dan magnesium ascorbyl phosphate) juga bermanfaat untuk kulit matang.

Vitamin A bertindak sebagai antioksidan pelindung kulit dari stres oksidatif. Sementara vitamin C akan merangsang kulit untuk memproduksi kolagen.

Hidrasi Kulit dengan Pelembap

Ilustrasi perawatan wajah. Shutterstock

Salah satu biang kerok munculnya garis halus di kulit adalah hidrasi yang tidak memadai. Anda perlu pelembap dengan kandungan humektan yang bisa menahan cairan di lapisan kulit. Misalnya saja gliserin dan hyaluronic acid. Jika kulit tergolong sangat kering, petrolatum seperti Vaseline dan mineral oil juga bisa menjaga kelembapan agar tidak cepat menguap.

Jangan Lupakan Tabir Surya

Ilustrasi tabir surya. Pexels

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik. Namun sinar ultra violetnya bisa membuat kulit jadi ternoda flek, kusam, dan cepat menua. Sinar ultra violet akan memecah kolagen dan menyebabkan abnormalitas pada lapisan elastin. Akibatnya kulit jadi menipis dan berkerut.

Agar kulit senantiasa tampak remaja, tips awet muda yang tak boleh Anda lupakan adalah memakai tabir surya setiap hari. Gunakan tabir surya dengan perlindungan minimal SPF 20 dan pastikan untuk aplikasi ulang setiap dua jam jika Anda beraktivitas di luar ruangan.

Olahraga Secara Teratur

Ilustrasi olahraga. Pixabay

Aktivitas fisik bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu juga bermanfaat untuk mempertahankan mobilitas lebih lama, memperbaiki kualitas tidur, menjauhkan stres, dan menjadikan kulit serta tulang awet muda.

The Department of Health & Human Services menyarankan olahraga dengan intensitas sedang selama 2,5 jam sampai 5 jam seminggu, 1 sampai 2,5 jam olahraga aerobik intensitas tinggi, atau kombinasi keduanya. Jenis olahraga aerobik yang bisa Anda coba antara lain jalan kaki, berenang, sepeda, jogging, berdansa, dan bersepeda.

Terapkan Pola Makan Sehat

Ilustrasi makan makanan sehat. Shutterstock

Tips awet muda selanjutnya adalah memperhatikan pola makan. Konsumsi makanan sehat merupakan kunci menuju organ-organ tubuh yang awet muda.

The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan konsumsi buah, sayur, protein rendah lemak, karbohidrat kompleks, tiga porsi produk olahan susu rendah lemak, dan lemak sehat setiap hari. Konsumsi garam juga sebaiknya dibatasi demi kestabilan tekanan darah.

Hindari Stres

Ilustrasi wanita bahagia. Pixabay

Berbahagialah agar stres menjauh. Pasalnya kesehatan mental yang buruk bisa menjadi pemicu utama penuaan dini. Lakukan hal-hal yang menyenangkan bagi Anda secara teratur. Misalnya menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta, menekuni hobi, dan mencoba kegiatan baru.

Satu hal lagi yang perlu dilakukan adalah menerima fakta bahwa setiap orang pasti akan menua pada waktunya. Terobsesi untuk awet muda justru akan membuat Anda rentan stres.

Jauhi Rokok dan Alkohol

Ilustrasi minuman beralkohol. Merdeka.com

Penelitian menunjukkan kalau konsumsi rokok dan alkohol telah terbukti menyebabkan penuaan dini. Kebiasaan tak sehat ini juga bisa meningkatkan risiko terserang penyakit. Jadi tips awet muda yang perlu Anda terapkan selanjutnya adalah menjauhi rokok dan minuman beralkohol.

Tidur Cukup dan Berkualitas

Ilustrasi tidur. Pixabay

Tidur yang cukup dan berkualitas terbukti mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stres, obesitas, dan inflamasi. Jika kita kurang tidur, stres meningkat, sulit konsentrasi, dan kulit pun jadi terlihat kusam.

Sebaliknya, tidur berlebihan juga bisa meningkatkan potensi kegemukan dan risiko penyakit. Jadi pastikan Anda tidur dalam waktu yang sesuai kebutuhan umur dan aktivitas sehari-hari.

Minum Air dalam Jumlah Memadai

Ilustrasi minum air putih. Pixabay

Tips cantik yang terakhir adalah rajin minum air. Tak hanya kulit yang perlu hidrasi. Kebutuhan cairan tubuh juga harus dipenuhi agar fungsi otak optimal dan energi terjaga. Selain itu, minum air dalam jumlah memadai juga bisa menjadikan kulit lebih sehat serta awet muda.

Demikian tips-tips awet muda dengan cara alami dari para pakar kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda terapkan setiap hari.

 

 

 

 

 

 

(SINDOnews.com)





Related Post



Comment