Advertisement

Kamis, 12 September 2019 09:11 WIB

Benarkah Penderita Anemia Harus Menghindari Konsumsi Susu?

Alip Bagja Nur Ilahi —Teras Health
Benarkah Penderita Anemia Harus Menghindari Konsumsi Susu?
Ilustrasi minum susu. Shutterstock/Yana Godenko

Terasjabar.id – Selama ini beredar anggapan di masyarakat bahwa seorang penderita anemia sebaiknya tidak mengonsumsi kalsium, termasuk dalam bentuk susu. Pasalnya, kalsium dianggap dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga memperburuk kondisi anemia.

Ahli gizi Hardinsyah menanggapi anggapan tersebut. Menurutnya, susu yang harus dihindari penderita anemia adalah susu sapi segar.

"Susu sapi segar dihindari karena zat besi yang terkandung di dalamnya rendah. Jadi, tidak semua jenis susu harus dihindari penderita anemia," jelas Hardinsyah.

Ada susu olahan dalam bentuk bubuk yang sudah diformulasikan dengan komposisi zat besi lebih tinggi. Kandungan susu juga ditambah kalsium, zinc, magnesium, dan berbagai vitamin.

"Susu ini aman dikonsumsi penderita anemia. Jenis susu ini dinamakan racikan produk yang diperkaya gizi. Kalau hanya susu sapi segar, memang rendah zat besi," lanjut Hardinsyah.

Hardinsyah mengungkapkan, adanya penambahan zat gizi pada susu olahan, contohnya susu formula bubuk bisa menjadi solusi menyediakan produk gizi yang tepat.

Upaya ini diharapkan memenuhi kebutuhan gizi dari anak-anak, remaja sampai mempersiapkan kehamilan.

"Penambahan zat gizi lain, misalnya zat besi, zinc, vitamin A, C, B12, dan D untuk membentuk kalsium," ujar Hardinsyah yang baru-baru ini diangkat sebagai Ketua Umum Persatuan Ahli Gizi Asia.

Zat besi pada susu penting mengatasi anemia. Zinc dan protein kolagen ikut berperan dalam pembentukan tulang rawan pada janin saat wanita hamil.

Susu formula bubuk yang diformulasikan dengan penambahan asam folat, zat besi, vitamin B kompleks, dan zat gizi mikro lain ikut bermanfaat membentuk energi sekaligus mendukung proses metabolisme tubuh.

Protein pada susu sebagai sumber gizi makro yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Asam folat pada susu formula dalam bentuk bubuk ini ikut membentuk sel darah merah.

"Asam folat pun membantu membangun sel-sel dalam tubuh," tandas Hardinsyah.

 

 

 

 

 

 

(Merdeka.com)

Benarkah Penderita Anemia Harus Menghindari Konsumsi Susu



Related Post



Comment