Advertisement

Rabu, 11 September 2019 17:27 WIB

Pentingnya Sarapan dengan Makanan Padat untuk Anak

Muhammad Fauzi Fikri —Teras Health
Pentingnya Sarapan dengan Makanan Padat untuk Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/ucchie79

Terasjabar.id - Sarapan merupakan salah satu aktivitas yang wajib dimiliki oleh semua orang. Ketika ingin tubuh sehat, pikiran fokus dan perasaan bahagia, setiap orang penting melakukan santap sarapan di pagi hari.

Tak hanya bikin sehat, sarapan juga bisa membuat kita jadi pribadi yang lebih fokus dan cerdas. Melansir dari laman Liputan6.com, sarapan bahkan bisa meningkatkan konsentrasi anak dan membantu memaksimalkan tumbuh kembangnya.

Ada beragam makanan yang bisa digunakan sebagai menu sarapan. Meski begitu, ada beberapa makanan yang sangat dianjurkan dijadikan menu sarapan karena kandungan gizi serta nutrisinya yang maksimal. Menurut Ketua Umum Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Netti Herawati, makanan yang terbaik untuk menu sarapan terutama menu sarapan anak adalah makanan padat.

Kenapa Makanan Padat Baik untuk Sarapan?

Makanan padat seperti roti, nasi, sayuran dan buah-buahan dipercaya mengandung nutrisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan makanan cair seperti susu atau jus. Makanan padat juga bisa bikin perut merasa kenyang lebih lama sehingga tidak meningkatkan risiko anak cepat lapar di siang hari.

Netti mengatakan, "Kalau hanya sarapan cair, asupan gizi anak justri dipertanyakan. Apakah sudah cukup atau tidak. Memang, sarapan cair itu lebih gampang membuatnya. Tapi apakah yakin sudah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi anak?"

Sarapan dengan makanan padat bisa bermanfaat melatih sistem pencernaan anak dengan baik. Ini juga bisa melatih otot gusi dan gigi anak agar bekerja dengan lebih baik. Sarapan padat seperti nasi dan roti yang dipadukan bersama lauk pauk, selai, ikan, daging atau sayuran juga bakal mencukupi kebutuhan nutrisi anak dengan lebih baik.

Mom, pastikan agar buah hati mau sarapan setiap paginya. Selain baik buat kesehatan tubuhnya, sarapan juga baik untuk kesehatan dan perkembangan psikisnya.




(fimela.com)





Related Post



Comment