Advertisement

Enam Bangunan Tanpa Izin di Kawasan Bandung Utara (KBU) Dipasangi Plang Sanksi

Enam Bangunan Tanpa Izin di Kawasan Bandung Utara (KBU) Dipasangi Plang Sanksi
Editor: S.N.A Teras Cimahi —Rabu, 11 September 2019 17:08 WIB


Terasjabar.id - Berdasarkan hasil audit Program Penertiban Pemanfaatan Ruang Sistematis Lengkap (P3RSL) yang dilakukan secara nasional, ada enam titik bangunan di Kota Cimahi yang melanggar Perda Kawasan Bandung Utara (KBU) dan RT RW.

Enam titik itu yakni Perumahan Grand Cimahi City, Perumahan Eidelweiss Residence Cipageran Asri, Perumahan Anabil Cluster, STKIP Pasundan, Moritz Futsal, dan Perumahan Kamarung Regency.

Aturan yang dilanggar oleh para pemilik/pengelola bangunan tersebut yaitu UU Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang dan Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Kota Cimahi tahun 2013-2033.

Direktur Penertiban Pemanfaatan Ruang Badan Pertanahan Nasional (BPN) Andi Renald Riandy mengatakan, sanksi yang dikenakan terhadap para pelanggar yakni pemulihan fungsi ruang dan denda administratif.

"Kita menemukan beberapa titik yang terindikasi ada pelanggaran tata ruang, kita akan berikan sanksi dengan memasang plang agar diperhatikan pemiliknya," ujar Andi di sela pemasangan plang di Grand Cimahi City, Rabu (11/9/2019).

Terkait pembongkaran bangunan yang melanggar, pihaknya akan menyerahkan kepada Pemkot Cimahi selaku pihak yang berwenang.

"Ada evaluasi dari Pemkot mana yang pas dan apa sanksinya. Dalam rangka ini kita lakukan proses pencegahan yang mengarah ke arah pidana. Nanti Wali Kota Cimahi yang akan mengevaluasi sesuai dengan UU dan aturan perdanya," ujarnya.

Kasubdit Penertiban Pemanfaatan Ruang BPN Wilayah Jawa dan Bali, Mochammad Darmun mengatakan wilayah KBU kini sudah kritis dan harus dikonservasi.

"Dilihat dari topografi dan karakteristik kawasan, resapan air juga harus dilindungi agar air tetap terjaga," ucapnya.


(SDK)

Perumahan Grand Cimahi City Perumahan Eidelweiss Residence Cipageran Asri Perumahan Anabil Cluster STKIP Pasundan Moritz Futsal dan Perumahan Kamarung Regency


Related Post



Loading...