Advertisement

Selasa, 10 September 2019 19:45 WIB

5 Tips Latihan Sebelum Naik Gunung

Muhammad Fauzi Fikri —Yuk Piknik
5 Tips Latihan Sebelum Naik Gunung
Naik Gunung

Terasjabar.id - Mendaki gunung kini menjadi pilihan kegiatan positif di era millenial. Dimana kegiatan tersebut dapat memacu adrenalin. Kegiatan ini tentunya tidak mudah bagi para pemula. Kegiatan berjalan atau mendaki dengan melewati jalanan pegunungan yang berkelok-kelok, curam dan tajam.

Menempuh perjalanan dengan suhu udara yang tinggi dengan bawaan yang banyak di dalam tas dapat membuat badan pegal-pegal, nyeri otot pada punggung, paha dan kaki. Maka dari itu, persiapan fisik sebelum mendaki gunung sangat diperlukan. Sehingga bukan efek negatif yang akan didapatkan setelah naik gunun, melainkan badan lebih sehat dan bugar serta banyak energi positif yang diperoleh.

1. Rutin jalan kaki

Cobalah untuk berjalan kaki 30-40 menit supaya kamu terbiasa berjalan pada jarak jauh, dan usahakan latihan pada bidang yang miring. Lakukan 3 kali dalam seminggu. Jika sudah terbiasa, kamu bisa menambahkan jarak atau waktu supaya menjadi lebih tangguh lagi. Semangat Sobat Mojou!

2. Lakukan push up

Lakukan push up sebanyak 30 kali dalam sehari untuk menguatkan bagian punggung, pundak dan lengan. Karena saat naik gunung, ketiganya akan bekerja membawa bekal dalam career dengan jumlah yang banyak. Lakukan secara rutin dan selalu tingkatkan porsi saat latihan secara berangsur-angsur.

3. Naik turun tangga

Olahraga ini tergolong ringan, kamu bisa memanfaatkan lingkungan sekitar dengan cara naik turun tangga. Hal ini untuk melatih kemantapan kaki kamu dalam berpijak serta stamina untuk mendaki gunung yang harus dikuatkan. Lakukan selama 10 menit secara rutin.

4. Berenang atau senam

Olahraga ini sangat berguna untuk melatih pernapasan. Lakukan setiap 3 hari sekali atau 2 kali dalam seminggu untuk olahraga renang. Supaya kamu bisa mengatur pernapasan dan pernapasanmu lebih teratur saat mendaki gunung.

5. Olahraga pagi pukul setengah 4 pagi

Sambil menunggu adzan subuh, kamu bisa memilih opsi untuk lari pagi ditemani udara yang sejuk. Hal ini untuk membiasakan diri berada di tengah-tengah udara yang dingin karena mendaki tak selalu bertemu panas matahari. Sehingga tubuhmu bisa beradaptasi dan mengurangi bahaya hipotermia saat mendaki gunung.

Demikian ulasan latihan fisik yang harus dilakukan sebelum naik gunung. Kira-kira Sobat Mojou yang sudah pernah naik gunung, biasanya olahraga apa saja yang sering dilakukan? yuk, komen di bawah sini. Semoga bermanfaat.



(viva.co.id)

Latihan Sebelum Naik Gunung



Related Post



Comment