Advertisement

Bupati Indramayu Mundur karena Alasan Keluarga, Mendagri Tak Percaya

Dea 7 11 18 Hot News
Bupati Indramayu Mundur karena Alasan Keluarga, Mendagri Tak Percaya

Terasjabar.id - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tak mau percaya begitu saja dengan alasan mundurnya Anna Sophana sebagai Bupati Indramayu. Untuk itu, Tjahjo telah mengirimkan jajarannya ke Indramayu guna mencari alasan utama mundurnya Anna.

"Saya sudah kirim tim ke sana, bertemu Ibu Bupati, apa sih yang (melandasi kemundurannya)," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, (7/11/2018).

Tjahjo menduga keluarga bukanlah alasan utama Anna mundur dari jabatannya. Memang, secara normatif, Anna mengatakan alasannya mundur karena ingin fokus mengurus keluarga.

Menurut Tjahjo sanksi moral memang tak ada, namun sangat tak etis bila seorang kepala daerah yang dipilih oleh rakyat mendadak mundur hanya karena ingin fokus mengurus keluarga.

"Tapi nggak bisa tahu-tahu mundur, nggak bisa. Saya dipilih Pak Presiden jadi menteri, nggak diperintah mundur tahu-tahu mundur, lha itu," ucapnya.

Tjahjo enggan berandai-andai kemunduran Anna akibat tersangkut kasus hukum. Sebab, hal serupa juga pernah terjadi di Tanahbumbu, Kalimantan Selatan. Saat itu, Mardani H Maming mundur dari jabatannya sebagai Bupati Tanahbumbu.

"Contohnya Tanahbumbu dan Indramayu, yang saya tahu ya. Kalau lainnya memang dimundurkan DPRD ada, dia berhalangan tetap, bisa meninggal, masalah hukum," tutur Tjahjo.

Sebelumnya, Anna Sophana sendiri, menjabat sebagai Bupati Indramayu setelah memenangkan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Indramayu pada tahun 2010 lalu.

Ia sendiri didampingi oleh Supendi sebagai Wakil Bupatinya. Kedua pasangan ini berhasil mempertahankan posisinya, setelah unggul dari pesaingnya, yakni Toto-Rastawiguna dalam Pilbup Kabupaten Indramayu tahun 2015.

DPRD Kabupaten Indramayu, akhirnya menyetujui pengunduran diri Anna Sophana sebagai Bupati Indramayu. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil rapat paripurna DPRD Indramayu, Rabu (07/11/2018).

Seluruh anggota DPRD Indramayu tidak ada yang menolak pengunduran diri Anna. Anna memutuskan mundur sebagai Bupati Indramayu, karena ingin fokus mengurus keluarga.

Ketua DPRD Indramayu, Taufik Hidayat mengatakan, bahwa pihaknya mendorong Wakil Bupati Indramayu, yakni Supendi untuk maju menggantikan posisi Anna sebagai Bupati Indramayu.

"Memberikan ruang kepada wakil bupati untuk melanjutkan visi-misi Indramayu. Hari ini, keputusan ini akan dikirim ke Kemendagri melalui Gubernur Jawa Barat. Selanjutnya keputusan akhirnya ada di Kemendagri," kata Taufik.

(Sasa/Sumber:Okezone.com)

Related Post

Comment