Advertisement

Selasa, 10 September 2019 10:50 WIB

Cimahi Dilewati LRT, Sarana Penunjang Segera Dibangun

S.N.A —Teras Cimahi
Cimahi Dilewati LRT, Sarana Penunjang Segera Dibangun
ilustrasi sarana penunjang LRT cimahi (docplayer.info)
Terasjabar.id - Transportasi massal Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya dipastikan akan melalui Kota Cimahi yang rencananya membangun lima stasiun monorel sebagai penghubung trasenya. 

Stasiun monorel itu akan dibangun di lima lokasi berbeda, antara lain di Cimindi, Cibabat, Cihanjuang, Alun-alun Cimahi, dan Sangkuriang. 

Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, berdasarkan hasil rapat dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, hasil study trase dimana LRT Bandung Raya Koridor Barat-Timur akan menghubungkan Leuwipanjang-Cimahi-Padalarang-Ciburuy (Bandung Barat).

"Hasil kajian panjang jalur rel LRT-nya sekitar 20,12 km. Untuk penerapannya, ke depan akan dibangun berupa monorel atau jalur yang terdiri dari rel tunggal," ujar Ranto saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Selasa (10/9/2019).

Ranto menjelaskan dari hasil study trase, muncul usulan tujuh segmen untuk untuk menunjang transportasi massal LRT Bandung Raya. Segmen I yakni Leuwipanjang-Caringin-Pasirkoja, segmen 2 Pasirkoja-Cibeureum, segmen 3 Rajawali-Cimindi, segmen 4 Cimindi-Cibabat, segmen 5 Cihanjuang-Alun-alum Cimahi, segmen 6 Cimahi-Kota Baru Parahyangan, dan segmen 7 Padalarang-Ciburuy. 

"Nantinya akan dibangun stasiun monorel awal dan akhir, mulai dari Leuwipanjang dan di Ciburuy," ungkapnya. 

Dia berharap dalam penentuan lokasi stasiun monorel yang berada di Kota Cimahi tetap memperhatikan juga ketersediaan angkutan feeder (pengumpan). 

"Jangan sampai penentuan titik lokasi stasiun monorel di wilayah yang tidak terdapat moda transportasi angkutan lainnya sebagai feeder," tegasnya. 

Informasi seputar pembangunan LRT Bandung Raya itu baru berdasarkan hasil kajian sementara Pemerintah Provinsi Jawa Barat sehingga pembangunan fisiknya belum jelas bakal dimulai kapan.

"Kajian tersebut masih belum final. Nanti ada rapat lanjutan akhir untuk finalisasi hasil kajian tadi," ujarnya. 

Pihaknya sendiri berharap rencana pembangunan transportasi massal LRT Bandung Raya ini bisa terwujud. Sebab, selain sebagai penunjang keberadaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, keberasaan LRT Bandung Raya itu bisa mengalihkan kebiasaan masyarakat dari penggunaan kendaraan pribadi ke kendaraan umum. 

"Sehingga diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan di wilayah Kota Cimahi," ujar Ranto.
(SDK)




Related Post



Comment