Advertisement

5 Sarapan Tinggi Protein Agar Kenyang dan Berat Badan Tetap Terjaga

5 Sarapan Tinggi Protein Agar Kenyang dan Berat Badan Tetap Terjaga
Foto: iStock
Editor: Restu Agustini Teras Health —Selasa, 10 September 2019 08:54 WIB

Terasjabar.id- Asupan tinggi protein dibutuhkan untuk menjaga berat badan. Untuk sarapan, konsumsi 5 makanan tinggi protein ini bisa jadi pilihan.

Protein memang sangat dibutuhkan tubuh. Sebab protein yang terdapat dalam tiap sel tubuh manusia dapat membantu memperbaiki sel dan memproduksi sel baru. Asupan protein terutama sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan Anda.

Selama proses pencernaan, makanan yang mengandung protein akan dipecah menjadi bagian kecil yang disebut asam amino. Untuk mempertahankan kesehatan tubuh, setiap orang memerlukan asupan asam amino dalam jumlah besar.

Protein juga berperan penting untuk menjaga berat badan. Konsumsi cukup protein mampu mempertahankan rasa kenyang sehingga mencegah keinginan ngemil berlebih. Untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari, ada beragam makanan yang mengandung protein yang dapat Anda pilih. Inilah 5 makanan dan minuman tinggi protein seperti dilansir dari NDTV Food (5/9).

1. Susu

5 Sarapan Tinggi Protein Agar Kenyang dan Berat Badan Tetap TerjagaFoto: iStock


Segelas susu mengandung banyak nutrisi. Susu memang kaya akan vitamin B, kalsium, magnesium dan protein. Selain itu, 100 gram susu juga mengandung 3.4 gram protein, 5 gram karbohidrat, dan 41 mg sodium. Jika Anda tidak terlalu suka dengan susu, Anda bisa buat milkshake sendiri dengan tambahkan beberapa buah kesukaan Anda.

2. Telur

Telur disebut-sebut sebagai sumber protein terbaik. Ini artinya, tubuh Anda dapat mendapatkan banyak protein baik hanya dari konsumsi telur. 100 gram telur mengandung karbohidrat, sodium dan kalsium. Kandungan lemak pada telur sebesar 10-15 gram dan kandungan karbohidrat sebanyak 0,7-3,3 gram. Untuk protein mencapai 13 gram per 100 gram telur.

Jumlah kandungan zat-zat gizi makro tersebut membuat 100 gram telur mengandung 140-190 kal energi. Selain zat gizi makro, telur juga mengandung zat gizi mikro.

Telur juga bersifat serba guna sehingga Anda bisa memasak berbagai hidangan menggunakan telur. Seperti omelet, telur orak-arik, sandwich telur, dan lain-lain.

3. Ikan

5 Sarapan Tinggi Protein Agar Kenyang dan Berat Badan Tetap TerjagaFoto: iStock


Ikan, terutama salmon dan tuna, merupakan sumber protein tanpa lemak yang bagus. Ayam juga merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik, yang dikatakan sebagai jenis protein 'baik' untuk menurunkan berat badan. Daging merah juga kaya protein, tetapi sangat tinggi lemak.

100 gram ikan salmon mengandung 116 kalori, 20 gram protein, dan 1 mg zat besi. Anda bisa mengolah ikan salmon dengan cara dipanggang sebagai menu sarapan. Selain bernutrisi, menu ini mudah dan praktis dibuat.

4. Almond

Asupan almond tidak hanya baik untuk otak Anda, tetapi mereka juga dapat memenuhi asupan protein Anda secara keseluruhan. Namun yang terbaik adalah Anda perlu mengonsumsi almond mentah dan direndam dalam air.

100 gram almond mengandung 22 gr karbohidrat, 21 gr protein, serat, vitamin A, E, B1, B2, B3, kalsium, dan seng.

5. Brokoli

5 Sarapan Tinggi Protein Agar Kenyang dan Berat Badan Tetap TerjagaFoto: Istimewa


Brokoli adalah sumber vitamin K, C, asam folat, dan kalium yang baik. Sayuran ini juga mengandung jumlah protein yang layak. Bahkan 100 gr brokoli mengandung energi tinggi, 7 gr karbohidrat, 2,7 gr protein, serat, vitamin B, A, dan C. Olah brokoli menjadi tumisan atau sekadar direbus sebagai menu sarapan. Kalau mau lebih enak, bisa juga dicampur telur atau kentang.


(detik.com)

sarapan kaya frotein sarapan sehat


Related Post



Loading...