Advertisement

Alan Takut Prestasi Bulu Tangkis Menurun Imbas Dihentikannya Audisi Umum Djarum

Alan Takut Prestasi Bulu Tangkis Menurun Imbas Dihentikannya Audisi Umum Djarum
Editor: Epenz Sport Style —Senin, 9 September 2019 18:41 WIB

(Viva : Google)

Terasjabar.id – Legenda bulu tangkis Indonesia, Alan Budikusuma, khawatir jika Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis benar-benar dihentikan. Pria yang kini menjadi salah satu pengurus di PBSI itu takut, dihentikannya audisi tersebut dapat menurunkan prestasi bulu tangkis Indonesia ke depan.

Alan menuturkan hampir setengah atlet PBSI yang bermarkas di Cipayung, merupakan pemain-pemain jebolan PB Djarum. Sebagian besar atlet PB Djarum tersebut didapat dari audisi yang telah berlangsung sejak 2006 tersebut.

Yuni Kartika

"Kalau sumbangsih PB Djarum terhadap atlet di PBSI tidak kecil. Hampir setiap tahun ada atlet potensial dari PB Djarum yang didapat dari audisi itu. Kalau di PBSI (Cipayung) setidaknya ada 50 persen lebih atlet dari PB Djarum," jelas Alan Budikusuma kepada Okezone, Senin (9/9/2019).


Penghentian audisi bulutangkis yang dianggap eksploitasi anak oleh KPAI dikhawatirkan Alan dapat menghentikan proses regenerasi atlet-atlet pebulu tangkis berkualitas.

"Sedikit banyak pasti berpengaruh. PB Djarum ini berkontribusi besar pada pembibitan pemain muda kita, selain dari klub lain tentunya. Tapi, memang yang saya anggap bagus dari situ (PB Djarum)," paparnya.

PB Djarum

Menurut Alan, PBSI selalu dibebankan target oleh pemerintah untuk memperoleh emas atau memenangkan juara di beberapa kejuaraan dunia bulu tangkis. Namun, bila penghentian audisi terjadi, maka potensi munculnya atlet atlet baru akan terganggu.

"Kami itu selalu diberikan target tinggi oleh pemerintah dan masyarakat, kalau kalah di-bully. Ya kalau kalah nanti biar KPAI yang bertanggungjawab. Tapi, saya melihat audisi ini dari sisi positif dari sana kita dapat atlet-atlet muda baru yang bisa dijadikan aset ke depannny," pungkasnya.

(Okezone.com)

Alan Budikusuma PB Djarum Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis


Related Post



Loading...