Advertisement

Senin, 9 September 2019 16:17 WIB

Mengintip Keindahan Pulau Kenawa Sumbawa, Bukit Kecilnya Terlihat Eksotis

Irman Aryagung —Yuk Piknik
Mengintip Keindahan Pulau Kenawa Sumbawa, Bukit Kecilnya Terlihat Eksotis

Terasjabar.id – Panorama alam yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) selalu saja memikat wisatawan untuk berkunjung. Tak hanya Lombok, NTB juga memiliki Sumbawa. Bahkan, di bagian Sumbawa Barat terdapat pulau kecil tidak berpenghuni. Pulau tersebut bernama Kenawa.

Sebagian besar area pulau ini ditumbuhi Ilalang dan rumput hijau. Diapit oleh Pulau Karang, Gili Balu, Pulau Paserang dan Gili Bedil. Pulau seluas 13,8 hektare ini menawarkan keindahan yang luar biasa.

Traveler akan disuguhkan pemandangan alam berupa perbukitan, hamparan padang savana, juga birunya air laut pantai. Gradasi warna lautnya cantik, airnya juga bening, bersih dan tenang. Banyak hal yang bisa dilakukan di Pulau Kenawa, mulai dari berenang di pantai, snorkeling, bahkan berkemah di sela-sela padang rumput.

"Sumbawa selalu memikat dengan pulau-pulau kecilnya yang menawan. Salah satunya adalah Pulau Kenawa yang terletak tidak jauh dari Pelabuhan Pototano. Di sebelah pelabuhan sudah ada nelayan yang standby untuk mengantarkan kita pergi ke pulau ini, saya kemarin membayar 150rb saja untuk satu perahu, murah sekali bukan. Kamu bisa camping, atau hanya tektok untuk menikmati pemandangan bukit kecil yang terletak di belakang pulau, dermaga kayu untuk melihat ikan warna-warni dan gazebo buat istirahat. Jadi sisipkan liburanmu ke sini ya," tulis Instagram @estpr, dikutip Minggu (7/9/2019).

Di tengah Pulau Kenawa ada bukit kecil yang terlihat indah. Bukit ini kerap dijadikan spot paling Instagramable. Apalagi, bukit ini menjadi tempat paling terbaik untuk menikmati matahari terbit di pagi hari, matahari terbenam di sore hari, dan bintang di malam hari. Di tepi pantainya ada banyak gazebo yang bisa digunakan untuk berteduh dari panasnya matahari.

Saat musim hujan, padang rumput di pulau dengan garis pantai sekitar 1,73 km ini terlihat berwarna kehijauan, sedangkan saat musim kemarau, warnanya akan berubah kuning gersang.

Keindahan lautnya masih terjaga. Cocok untuk snorkeling, traveler akan puas melihat warna-warni terumbu karang dan ikan. Bukit kecil di tengah Pulau Kenawa juga bisa didaki. Namun tetap harus berhati-hati, selain memiliki kemiringan 85 derajat, kondisi tanahnya cukup licin.

Akses menuju Pulau Kenawa cukup mudah. Dari Lombok, traveler langsung menuju Pelabuhan Kayangan. Dari Pelabuhan Kayangan, naik kapal feri menuju Pelabuan Poto Tano, Sumbawa. Lama waktu tempuhnya kira-kira 2-3 jam. Dari Pelabuhan Poto Tano, harus sewa kapal nelayan menuju Pulau Kenawa. Dermaganya kurang lebih sekitar 500 meter dari pelabuhan besar.

Kapal nelayan menuju Pulau Kenawa umumnya ditawarkan dengan harga Rp300.000 untuk pulang-pergi. Jika tertarik untuk berkemah, tak perlu membawa tenda dari rumah. Sebaiknya menyewa di lokasi. Bawa logistik secukupnya untuk bekal. Bagaimana, tertarik menikmati suasana pulau tanpa penghuni ini?

 

 

 

(iNews.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengintip Keindahan Pulau Kenawa Sumbawa Bukit Eksotis



Related Post



Comment