Advertisement

Senin, 9 September 2019 16:15 WIB

Inspirasi Wisata Probolinggo, Candi Jabung Miliki Relief Mirip Lukisan

Irman Aryagung —Yuk Piknik
Inspirasi Wisata Probolinggo, Candi Jabung Miliki Relief Mirip Lukisan

Terasjabar.id – Pariwisata yang ada di Probolinggo memang belum terlalu populer seperti Bali dan Lombok. Tetapi, jika ditelusuri lebih jauh, ada banyak keunikan yang bisa dijelajahi di Probolinggo.

Terutama untuk objek wisata candi. Probolinggo juga memiliki destinasi wisata candi. Salah satu candi di Probolinggo yang harus dikunjungi adalah Candi Jabung.

Candi Jabung merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan Majapahit. Candi Hindu yang terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton ini memiliki struktur bangunan bata merah. Candi ini berusia ratusan tahun dan menurut kitab Nagarakertagama, ini adalah tempat pemakaman Bhre Gundal yang merupakan salah satu keluarga raja.

"Candi Jabung peninggalan kerajaraan majapahit, Bangunan candi yang hanya terbuat dari batu merah ini mampu bertahan ratusan tahun. Konon candi ini dibangun untuk pemakaman bhra gundal salah satu keluarga kerajaan majapahit. Dan di sekitar lokasi Candi Jabung ini ada pohon buah yang bernama buah maja yang rasanya pahit. Candi Jabung ini terletak di desa Jabung, Kecamatan Piton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. By @syvira20," tulis Instagram @seni_tradisional, dikutip Senin (9/9/2019).

Candi yang hanya terbuat dari bata merah mampu bertahan ratusan tahun. Di sini traveler dapat melihat berbagai macam ukiran relief. Candi Jabung memiliki panjang 13,11 meter, lebar 9,58 meter, dan tinggi 15,58 meter.

Dilihat dari sudut arsitektural Candi Jabung ini sangat menarik, karena bagian bangunannya berbentuk bundar (silindris) yang berdiri di kaki candi berbentuk persegi tiga, sedangkan stupa berbentuk atap. Candi Jabung menghadap ke barat, pada sisi barat menjorok ke depan merupakan bekas susunan tangga naik memasuki Candi.

Keindahan candi ini terletak pada bentuk dan relief yang dilukiskan di dinding. Bagi traveler yang tertarik ingin mengetahui lebih dalam tentang candi, Anda tinggal datang ke Probolinggo. Tidak ada tiket resmi untuk berkunjung ke candi. Namun, sebelumnya Anda harus melapor terlebih dahulu.

 

 

 

(iNews.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Inspirasi Wisata Probolinggo Candi Jabung



Related Post



Comment