Advertisement

Senin, 9 September 2019 15:49 WIB

Situ Ciburuy Surut, Warga Manfaatkannya Untuk Menanam Padi Dan Sayuran !

Malda —Teras KBB
Situ Ciburuy Surut, Warga Manfaatkannya Untuk Menanam Padi Dan Sayuran !

Terasjabar.id - Situ Ciburuy Surut, Warga Manfaatkan Untuk Menanam Padi Dan Sayuran !  Surutnya debit air di sebagian titik Situ Ciburuy, saat ini dimanfaatkan oleh warga setempat untuk dijadikan tempat bercocok tanam, seperti menanam padi karena kondisinya sudah sangat kering.

Pantauan Tribun Jabar, Senin (9/9/2019), padi yang sudah ditanam oleh warga setempat itu terlihat hijau dan tumbuh subur, bahkan sebagiannya lagi sudah tampak menguning dan sudah siap untuk dipanen.

Selain ditanam padi, warga juga menanam sayuran di titik Situ Ciburuy yang sudah mengering itu.

Sedangkan sebagiannya lagi dibiarkan, sehingga kondisinya tampak seperti lapangan sepak bola lengkap dengan rumput yang hijau.

Warga setempat Keke (40), mengatakan, dijadikannya sebagian titik Situ Ciburuy untuk bercocok tanam itu, karena selama musim kemarau tidak terendam air akibat mengalami penyusutan atau airnya surut.

"Iya sudah empat bulan ini, sebagian titik situ digunakan warga untuk bercocok tanam, sekarang ditanam padi," ujar Keke saat ditemui sekitar Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (9/9/2019).

Setiap musim kemarau juga, kata Keke, jika kondisi air di Sungai Ciburuy menyusut memang kerap dijadikan tempat untuk menanam padi oleh warga yang memang menginginkan bercocok tanam.

"Sama siapa saja yang ingin (bercocok tanam) boleh itu mah karena setiap tahun juga kalau airnya surut lokasinya suka dimanfaatkan oleh warga setempat," ucapnya.

Ia mengatakan, ketika musim hujan titik Situ Ciburuy yang saat ini dimanfaatkan warga untuk bercocok tanam tersebut biasanya terendam air dengan kedalaman 5 hingga 7 meter, tetapi saat ini airnya sudah tak ada sama sekali.

Hal senada dikatakan Anggota Forum Masyarakat Cinta Ciburuy (Formacib) Alo (45), bahwa surutnya air di situ tersebut saat ini sudah dimanfaatkan oleh warga setempat.

"Karena kondisi disebagian titiknya sudah sangat mengering, terlihat juga ditengah sudah seperti lapangan dan setiap sore dimanfaatkan warga. Ada yang berkuda, balapan motor trail dan sebagainya," kata dia.


(Tribunjabar.id)

Situ Ciburuy Ciburuy Mengering Lapangan Bola KBB Danau Mengering Surut Musim Kemarau Padi Sayuran



Related Post



Comment