Advertisement

Senin, 9 September 2019 08:40 WIB

7 Jenis Kuliner Khas Pontianak Ini Ternyata Berbahan Baku Lidah Buaya

Fahrul Maulana —Kuliner
7 Jenis Kuliner Khas Pontianak Ini Ternyata Berbahan Baku Lidah Buaya

Terasjabar.id - Lidah Buaya (aloevera) jenis tanaman yang mengandung air cukup tinggi, dan tanaman ini hidup di tanah gambut. Ternyata lidah buaya atau aloevera selain bisa dibuat jenis minuman, bisa juga dibuat makanan lainnya.

"Lidah buaya ini bisa di buat beberapa jenis makanan lainnya, seperti manisan, kerupuk, teh, es lidah buaya dan bisa juga dibuat sabun,"kata Atong pengusaha usaha mikro mandiri di Kelurahan Siantan Hulu Kecamatan Pontianak Utara Kalimantan Barat kepada VIVAnews Pada Sabtu, 7 September 2019.

Es lidah buaya

Proses pembuatan minuman es lidah buaya sangat mudah, pertama pelepah lidah buaya di cuci terlebih dahulu selanjutnya dikupas, dipotong dagingnya, di cuci kembali selanjutnya setelah dicuci direbus menggunakan air mendidih dicampur gula. Setelah direbus didinginkan beberapa jam, setelah dingin sudah bisa dikonsumsi.

Produksi lidah buaya

"Usaha minuman lidah buaya ini saya tekuni sudah puluhan tahun, dan dari usaha ini ada 7 karyawan yang bisa dipekerjakan. 4 orang produksi membuat es lidah buaya dan 3 orang dikebun menanam pohon lidah buaya,"ujarya.

Jeli lidah buaya

Sementara itu, Beny pengusaha kuliner lidah buaya di Jl Parwasal, Kecamatan Pontianak Utara mengungkapkan hal yang sama, kalau dari bahan baku lidah buaya ia bisa bisa membuat berbagai makanan seperti manisan, dodol, kerupuk dan es lidah buaya.

"Untuk membuat berbagai macam jenis kuliner lidah buaya memang membutuhkan proses, seperti salah satu contoh manisan lidah buaya. Prosesnya dari awal cukup panjang, dari proses pencucian bahan baku hingga penjemuran yang menggunakan matahari,"ungkapnya.

Setelah dijemur beberapa hari, selanjutnya dikemas di dalam plastik dan dirapikan. Setelah semua selesai baru dikirim ke beberapa supermarket dan toko baik yang ada di Pontianak hingga ke Jakarta.

(viva.co.id)





Related Post


 


Comment