Advertisement

Malas Sikat Gigi? Ini 5 Dampak Serius yang Bakal Dialami

Malas Sikat Gigi? Ini 5 Dampak Serius yang Bakal Dialami
Editor: Putri Sulastri Teras Health —Minggu, 8 September 2019 10:51 WIB

Terasjabar.id- Gigi salah satu bagian tubuh yang harus diperhatikan dan dirawat secara teratur. Sebab, jika tidak dirawat akan muncul gangguan-gangguan yang lama kelamaan akan menjadi masalah serius. Oleh karena itu, gigi wajib dibersihkan setiap hari agar terbebas dari ancaman-ancaman penyakit mulut.

 Ada berbagai macam cara untuk merawat gigi, salah satunya dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Pertama, saat pagi hari setelah bangun tidur atau setelah sarapan. Kedua, yakni sebelum tidur di malam hari.

Namun, banyak orang yang malas menyikat gigi di malam hari sebelum tidur. Padahal, kebiasaan inilah yang menjadi cikal bakal penyakit-penyakit gigi dan mulut. Berikut beberapa dampak yang akan dialami kalau kamu malas sikat gigi.


Muncul Karang Gigi

Jarang menyikat gigi akan membuat kotoran sisa makanan menjadi menumpuk dan pada akhirnya menjadi plak atau karang gigi. Plak yang tidak dihilangkan akan mengeras dan membentuk 'tartar' yang tidak dapat dibersihkan hanya dengan menyikat gigi.

Gigi Berlubang

Berlanjut dari masalah karang gigi, jika plak gigi yang disebabkan oleh sisa makanan yang mengandung glukosa, sukrosa, laktosa dan lain-lain tinggal di dalam mulut, alias tidak dibersihkan, bakteri penyebab plak akan memfermentasinya menjadi zat asam. Email gigi akan dengan mudah terkikis oleh zat asam tersebut.

Gigi Tanggal

Malas menyikat gigi dapat memicu periodontitis. Jika dalam waktu lama tidak diobati, maka dapat merusak tulang rahang dan membuka ruang antara gusi dan gigi. Akibatnya, gigi menjadi longgar dan mudah tanggal.


Bau Mulut

tidak menyikat gigi membuat plak di gigi menjadi menumpuk, yang kemudian menjadi sarang bakteri. Selain bau mulut, penumpukan plak juga dapat menyebabkan kerusakan rongga dan struktur gigi.


Gusi Berdarah

kebiasaan melewatkan jadwal menyikat gigi dapat membuat gusi mudah berdarah. Pada dasarnya, menyikat gigi dapat merangsang aliran darah ke gusi, yang merupakan bagian penting dari kesehatan mulut. Jika gigi tidak disikat, maka gusi menjadi mudah radang dan berdarah.


Agar terhindar dari 5 masalah mulut dan gigi di atas, kamu harus harus rajin membersihkan gigi minimal 2 kali sehari. Bersihkan gigi dengan menggunakan pasta gigi Pepsodent. Dengan membersihkan gigi secara teratur serta melakukan pengecekan rutin tiap 6 bulan sekali, masalah mulut dan gigi dijamin tak akan mampir.


(Detik.com)

Ini 5 Dampak Serius yang Bakal Dialami


Related Post



Loading...