Advertisement

Minggu, 8 September 2019 10:17 WIB

Unik Banget, Pisang Goreng Ini Dimakan Pakai Es Batu

Fahrul Maulana —Kuliner
Unik Banget, Pisang Goreng Ini Dimakan Pakai Es Batu

Terasjabar.id - Pisang goreng menjadi camilan banyak orang karena rasanya yang renyah, gurih dan manis. Apalagi kalau pisang goreng dengan sensasi panas dingin dengan bentuknya yang unik.

Pada umumnya, pisang goreng hanya diolah dengan cara dilumuri tepung dan dimasak hingga crispy. Tapi, pisang goreng kali ini bentuknya beda dan dinamakan dengan pisang goreng panas dingin.

"Dinamakan pisang goreng panas dingin karena dari filosofi kehidupan yang kadang dingin kadang panas. Tapi namanya hidup, harus tetap seimbang segalanya," ungkap Executive Chef Bebek Timbungan, Ida Bagus Udiana, ditemui VIVA.co.id di kawasan Bedugul, Bali.

Biar enggak penasaran, VIVA berkesempatan icip-icip pisang goreng panas dingin ini. Sajian ini ditempatkan di piring bundar berwarna hitam dari batu dengan tambahan semangkuk kecil air es dan sedikit es batu.

Di piring batu ini, pisang gorengnya saja udah beda banget tampilannya. Jadi, setelah digoreng dengan tepung, pisang kemudian dibaluri dengan gula cair yang panas.

"Namanya balinesse caramel. Bahannya terdiri dari gula aren, madu, dan gula pasir. Setelah cair, baru pisangnya dicelup saat gulanya masih panas," ujar Chef Ida Bagus.


Di samping pisang goreng tersebut, ditambahkan es batu serta dua scoop es krim vanilla. Keduanya bukan hanya sebagai pemanis namun untuk menetralkan suhu di piring batu tersebut.

"Untuk mencicipinya sebaiknya saat masih panas. Ambil pisang pakai garpu lalu celup di air es 10 detik, angkat, siap dimakan. Boleh sambil pakai es krim vanilla untuk menetralkan rasa," tambahnya.

Saat menggigit pisang goreng ini, sensasinya manis, lembut, sedikit crispy, dan beneran ada hangat serta dingin di lidah. Campur aduk banget mirip saat lagi selingkuh gitu deh, tapi keseluruhan rasanya bisa menyatu dan terasa nikmat.

Buat kamu yang penasaran mau mencoba pisang goreng ini, boleh banget berkunjung ke restoran Bebek Timbungan di Bali. Dijamin seger dan nikmat rasanya!

(viva.co.id)





Related Post


 


Comment