Advertisement

Minggu, 8 September 2019 10:14 WIB

Pernah Cek Warna Feses Saat BAB? Begini Mengartikannya

Putri Sulastri —Teras Health
Pernah Cek Warna Feses Saat BAB? Begini Mengartikannya

Terasjabar.id- Bila diperhatikan, warna feses yang keluar saat Buang Air Besar (BAB) selalu berbeda. Kadang kuning, coklat, atau kehijauan dengan sisa potongan sayur masih terlihat.

Dikutip dari Mayo Clinic, warna feses memang tidak sama tiap kali BAB. Tiap warna mengindikasikan kesehatan dan keseimbangan nutrisi yang dikonsumsi tiap hari.

Berikut indikasi kesehatan dari warna feses:


1. Hijau

Feses warna hijau mengindikasikan makanan bergerak terlalu cepat dalam usus. Kondisi yang bisa disebabkan diare ini mengakibatkan makanan tidak diolah dengan baik.

Penyebab feses berwarna hijau adalah konsumsi makanan dengan warna senada, misal sayur atau asupan lain dengan warna hijau. Konsumsi beberapa jenis suplemen, misal besi, juga bisa mengakibatkan kondisi serupa.

2. Warna terang

Tinja bisa keluar dengan warna terang misal putih atau kuning seperti lempung. Warna ini mengindikasikan kemungkinan gangguan empedu pada sistem pencernaan.

Kondisi ini juga bisa diakibatkan konsumsi obat antiare. Hal lain yang bisa menyebabkan kondisi tersebut adalah konsumsi obat bismuth subsalicylate dalam dosis besar, misal Kaopectate dan Pepto-Bismol.

3. Kuning

Ada kalanya, feses keluar dengan warna kuning dan berminyak. Feses juga disertai bau busuk yang menandakan adanya gangguan penyerapan nutrisi, misal celiac disease.

Kondisi ini bisa terjadi karena konsumsi protein glute, misal pada roti dan sereal. Bila feses selalu berwarna kuning ada saatnya segera konsultasi ke dokter.


4. Hitam

BAB warna hitam mengindikasikan kemungkinan pendarahan di saluran pencernaan bagian atas. Supaya tidak terlalu parah, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Warna hitam pada feses bisa diakibatkan konsumsi suplemen besi, licorice hitam, atau bismuth subsalicylate.

5. Merah terang

Warna BAB yang merah terang menandakan kemungkinan perdarahan di sistem pencernaan bagian bawah. Misalnya pada anus atau usus besar.

Merah terang juga bisa diakibatkan konsumsi beberapa jenis makanan. Misal buah bit, cranberry, jus tomat, sup, atau campuran beberapa jenis minuman.


Simak Video "Ternyata Ini Jumlah Kalori dalam Segelas Cheese Tea!"

(Detik.com)

Pernah Cek Warna Feses Saat BAB? Begini Mengartikannya



Related Post


 


Loading...

Comment