Advertisement

Sabtu, 7 September 2019 16:54 WIB

Manfaat Chia Seed untuk Pencernaan hingga Kesehatan Jantung

Dea —Teras Health
Manfaat Chia Seed untuk Pencernaan hingga Kesehatan Jantung

Terasjabar.id - Salah satu makanan sehat yang sedang meroket popularitasnya adalah chia seed, biji-bijian hitam kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica (keluarga tanaman mint). Meski ukurannya kecil, biji-bijian ini memiliki nutrisi yang besar dan rendah kalori sehingga sering dijadikan menu diet.

Selain untuk diet, chia seed memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat melawan radikal bebas. Berikut beberapa manfaat chia seed yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu menurunkan berat badan

Banyak yang percaya bahwa chia seed dapat membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi chia seed dapat memperlambat penyerapan makanan sehingga meningkatkan rasa kenyang. Hal ini dianggap dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Selain itu, protein dalam chia seed juga bisa membantu mengurangi nafsu makan sehingga asupan makanan ketika makan selanjutnya akan berkurang. Biji ini dianggap dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk diet.

Ilustrasi chia seed dalam campuran yogurt dan buah-buahan. Pixabay.com

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan serat, protein, dan omega-3 yang tinggi pada chia seed dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji chia secara signifikan mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi yang menjadi faktor risiko dari penyakit jantung. Namun, hal ini tentu harus dibarengi dengan pola hidup dan makan yang sehat.

3. Menjaga kesehatan tulang

Chia seed mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kalsium, fosfor, magnesium, dan protein. Biji chia dianggap sebagai sumber kalsium yang sangat baik bagi orang yang tidak mengonsumsi susu. Namun, chia seed juga mengandung asam fitat yang dapat mengurangi penyerapan kalsium sampai batas tertentu.

4. Menurunkan kadar gula darah

Studi menunjukkan bahwa chia seed mampu menurunkan kenaikan gula darah setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Mengonsumsi roti yang mengandung chia seed dapat menurunkan kenaikan gula darah setelah makan, dibandingkan dengan roti yang tidak mengandung chia seed. Ini tentu dapat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

5. Melancarkan pencernaan

Chia seed merupakan salah satu makanan tinggi serat terbaik. Mengonsumsi makanan tinggi serat telah terbukti mengurangi tekanan dan peradangan di usus besar. Selain itu, juga dapat mencegah sembelit dan meningkatkan pergerakan usus sehingga pencernaan menjadi lancar.

Namun, beberapa manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan lebih jauh kebenarannya. Sebab, tidak semua manfaat chia seed dapat dirasakan oleh setiap orang.

(tempo.co)

Manfaat Chia Seed Pencernaan Kesehatan Jantung



Related Post



Loading...

Comment