Advertisement

Jumat, 6 September 2019 10:38 WIB

OJK Sebut Investasi Bodong Bikin Masyarakat Rugi Rp88,8 Triliun

Muhammad Fauzi Fikri —Opini Anda
OJK Sebut Investasi Bodong Bikin Masyarakat Rugi Rp88,8 Triliun

Terasjabar.id - Rendahnya tingkat literasi keuangan membuat masih banyak masyarakat yang terjerat investasi bodong. Dalam sepuluh tahun terakhir, kerugian akibat investasi abal-abal ini diperkirakan mencapai Rp88,8 triliun

"Masih banyak masyarakat yang terjerat investasi bodong, sehingga perlu peningkatan kewaspadaan dari warga dan termasuk masih perlunya sosialisasi," kata Ketua Satgas Waspada Investasi OJK, Tongam L Tobing di Medan, Sumatra Utara, Kamis (5/9/2019).

Menurut Tongam, perkiraan itu kemungkinan jauh lebih besar. Masih banyak masyarakat yang tertipu kemudian tidak mengadu kepada OJK.

"PNS bahkan banyak juga yang terjerat. Pada umumnya yang terjerat investasi bodong yang mau cepat kaya," tuturnya.

Dia melanjutkan, masyarakat yang tertipu investasi bodong biasanya tergiur dengan janji keuntungan atau bunga yang besar, bahkan kerap tidak masuk akal. Untuk itu, dia mendorong agar masyarakat melakukan riset terlebih dahulu sebelum berinvestasi.

Kepala OJK Kantor Regional 5 Yusuf Anshori mengatakan, sosialisasi perlu digalakkan karena masyarakat mulai banyak yang mampu untuk berinvestasi akibat dana berlebih.

"Peningkatan tingkat kesadaran dan kemampuan investasi tersebut masih belum diimbangi dengan tingkat literasi di bidang keuangan, sehingga masih banyak masyarakat yang rentan dengan penipuan investasi bodong," ucap Yusuf.




(iNews.id)





Related Post



Comment