Advertisement

Waspada, Remaja yang Sering Makan Junk Food Berisiko Depresi

Waspada, Remaja yang Sering Makan Junk Food Berisiko Depresi
Editor: Muhammad Fauzi Fikri Teras Health —Jumat, 6 September 2019 08:37 WIB

Terasjabar.id - Terlalu banyak konsumsi makanan olahan seperti junk food, memang telah dikaitkan dengan beragam kesehatan. Namun penelitian baru-baru ini menemukan, makan terlalu banyak junk food bisa terkait dengan risiko depresi yang lebih tinggi pada remaja.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiological Reports, para peneliti mengamati 76 siswa sekolah menengah di perkotaan Alabama. Mereka meneliti kolerasi antara gejala depresi dengan kadar natrium dan kalium yang diukur melalui tes urin, selama satu setengah tahun.

Hasilnya, natrium tampak memiliki efek kumulatif pada suasana hati remaja dari waktu ke waktu. Artinya, temuan ini menunjukkan pola konsumsi yang tinggi garam dan rendah kalium bisa berbahaya bagi kesehatan mental dari waktu ke waktu.

(Foto: Onedio)

"Studi ini mengkonfirmasi apa yang sudah kita ketahui bahwa makanan olahan itu buruk bagi otak dan kesehatan mental," kata Dr Drew Ramsey selaku asisten profesor klinis psikiatri di Universitas Columbia yang tidak terlibat dalam penelitian ini, seperti dikutip dari Insider, Kamis (5/9/2019).

Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa remaja yang konsumsi banyak makanan asin, seperti keripik dan makanan ringan lainnya, cenderung makan lebih sedikit menu sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Sehingga cenderung melaporkan gejala depresi, demikian temuan para peneliti.

Para peneliti di Universitas Alabama di Birmingham tersebut menemukan bahwa remaja dengan kadar natrium yang lebih tinggi dan kadar kalium yang lebih rendah, cenderung melaporkan gejala depresi. Ini bahkan berlaku setelah menyesuaikan dengan faktor-faktor lain, seperti usia, tingkat depresi awal, dan indeks massa tubuh.

Sebaliknya, konsumsi lebih banyak makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan utuh lainnya dapat membantu mengurangi gejala depresi.




(iNews.id)

Remaja Makan Junk Food Berisiko Depresi


Related Post



Loading...