Advertisement

Jumat, 6 September 2019 08:35 WIB

Waspada, Kurang Olahraga Picu Penyakit Tak Menular Berbahaya

Muhammad Fauzi Fikri —Teras Health
Waspada, Kurang Olahraga Picu Penyakit Tak Menular Berbahaya

Terasjabar.id - Olahraga merupakan salah satu gaya hidup sehat yang selalu direkomendasikan untuk mencegah penyakit tidak menular (PTM). Sebaliknya, tidak olahraga atau kurang aktivitas fisik justru memicu timbulnya PTM, seperti stroke, penyakit ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi.

Meskipun kurang gerak atau aktivitas fisik dikaitkan dengan sejumlah PTM, namun angkanya justru meningkat di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan, proporsi penduduk Indonesia usia lebih dari 10 tahun yang kurang melakukan aktivitas fisik jumlahnya meningkat dari 26,1 persen pada 2013 menjadi 33,5 persen pada 2018.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI drg Kartini Rustandi, MKes mengatakan, perlunya aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jantung, paru, kekuatan, dan daya tahan otot. Selain itu, juga menurunkan risiko PTM dengan aktivitas fisik sederhana.

"Jalan kaki salah satu aktivitas fisik yang murah dan mudah dilakukan. Semua kegiatan aktivitas fisik mudah dilakukan tanpa biaya mahal, yang penting mau. Kalau ingin hasilnya berdampak baik harus teratur," tutur Kartini Rustandi, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima iNews.id,Kamis (5/9/2019).

Dia menjelaskan, menjaga kebugaran tubuh dengan aktivitas fisik dapat dilakukan minimal 30 menit per hari. "Bagi anak-anak, aktivitas fisik dilakukan minimal 60 menit per hari karena anak-anak perlu banyak bergerak untuk menstimulasi pertumbuhan fisiknya," kata dia.

Dia mengungkapkan, olahraga yang benar dilakukan secara bertahap. Pertama, dimulai dengan pemanasan termasuk peregangan selama 5-10 menit, kemudian dilanjutkan dengan latihan inti 20-60 menit, dan diakhiri dengan pendinginan 5-10 menit.

ÔÇťOlahraga teratur dilakukan tiga sampai lima kali seminggu selang sehari istirahat, dilakukan rutin di dalam atau luar ruangan," kata dia.




(iNews.id)

Kurang Olahraga Penyakit Menular Berbahaya



Related Post



Loading...

Comment