Advertisement

Bengkak Besar Muncul saat di Rahim, Bayi Ini Lahir Dibantu 40 Dokter

Bengkak Besar Muncul saat di Rahim, Bayi Ini Lahir Dibantu 40 Dokter
Editor: Muhammad Fauzi Fikri Teras Health —Kamis, 5 September 2019 16:43 WIB

Terasjabar.id - Tabitha Pilarski dan Daniel Burgess hanya bisa memandang pilu sang calon bayi lewat USG selama berminggu-minggu. Pasalnya, sang calon bayi perempuan ini tumbuh dengan bengkak yang berukuran lebih besar dari kepalanya.

Pasutri asal Chicago ini menemukan kondisi itu saat kehamilan Tabitha berusia 20 minggu. Kondisi tersebut bernama cystic hygroma atau lymphangioma, merupakan kondisi gawat darurat yang membutuhkan perawatan medis usai ia dilahirkan.

Dikutip dari Fox News, lymphangioma merupakan cacat lahir yang berbentuk kantong bengkak berisi cair dengan dinding tipis. Biasanya bengkak ini muncul di area leher dan kepala janin, menurut John Hopkins Medicine.

Bayi yang kemudian diberi nama Bella-Rose tersebut lahir pada 27 Agustus lalu. Dengan kondisi bengkak tersebut sudah berukuran 13 cm yang membuat kedua orang tuanya sangat terkejut.

Saat persalinan ia dibantu 40 dokter dalam tim yang berbeda-beda. Daniel menyebut proses tersebut sangat menakutkan, namun ketika sang bayi akhirnya bisa dilahirkan, ia mengaku menangis tersedu-sedu layaknya anak kecil.


"Aku tidak diperbolehkan masuk ke ruang operasi, aku mungkin sudah mengitari rumah sakit empat atau lima kilometer selama persalinan. Aku sempat merasa mual saat melihat bengkaknya sakit terkejutnya, aku kira bakal seukuran bola tenis namun ternyata dua kali lipat ukuran kepalanya," kata Daniel.

Sementara Tabitha yang belum melihat keadaan sang bayi, hanya bisa melihat ukuran bengkak tersebut saat dokter menunjukkan fotonya. Baginya itu mungkin saat-saat paling mengerikan selama hidupnya.

Penanganan lymphangioma umumnya melibatkan pengangkatan melalui operasi, namun kesempatan sukses sangat kecil apalagi bila sudah menyebar ke bagian leher lainnya. Ajaib, Bella-Rose mampu melewatinya dan kini sedang dalam pemulihan total.

Pada bulan Oktober nanti, Bella sudah bisa kembali ke rumah dan bergabung bersama kelima saudaranya. Tabitha dan Daniel menyebut ikatan mereka menguat usai pengalaman tersebut dan tak sabar untuk melihat Bella tumbuh besar dan memiliki hidup 'normal'.

"Dia adalah bayi ajaib kami, dia adalah pejuang dan berhasil melawan, kami harus tetap positif selama ia berada dalam kandungan. Nantinya dia bakal punya cerita seru untuk diceritakan pada teman-temannya," pungkas Tabitha




(detik.com)

Bengkak Besar Rahim Bayi Lahir Dibantu Dokter


Related Post



Loading...