Advertisement

Kamis, 5 September 2019 15:47 WIB

Trend Partisifasi Masyarakat Pemilu Di Kab Kuningan Cukup Meningkat

S.N.A —Teras Kuningan
Trend Partisifasi Masyarakat Pemilu Di Kab Kuningan Cukup Meningkat

Terasjabar.id - Trend partisifasi pemilih (Parmas) di Kabupaten Kuningan dari Pemilu ke Pemilu menunjukan peningkatan, meski kenaikannya relatif bertahap.

Sebagai ilustrasi pada Pemilu 2009 Pileg 66,01% Pileg 2014 naik menjadi 67,46 % dan pada Pemilu 2019 meningkat menjadi 74,11 %. Sedangkan Pilpres tahun 2009 parmas mencapai 67,34 %, Pilpres 2014 hanya 66,,62 % dan Pilpres 2019 naik menjadi 74,19 %.


Demikian dikemukakan Dudung Abdu Salam Divisi SDM, Sosdiklih dan Parmas KPU Kuningan pada acara Evaluasi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu Serentak tahun 2019 di RM Lembah Ciremai jalan Raya Kramatmulya KM 4 Rabu (4/9-2019).


Evaluasi Sosdiklih yang dibuka oleh Maman Sulaeman Divisi Teknis KPU itu dihadiri Ormas OKP, LSM, Bawaslu, Perguruan Tinggi, media Cetak, Online, Elektronik Radio, dan media visual TV.


Peserta yang diundang dari kelompok media cetak/online, Perguruan Tinggi, Ormas/OKP dan media elektronik masing-masing menyampaikan saran pendapat dan merekomendasikan agar Pemilu serentak tahun 2024 mendatang berjalan lebih baik dan lebih optimal.


Hal itu sesuai dengan UU RI nomor 7/2017 tentang Pemilu dan PKPU nomor 10/2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilig dan Partisifadi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemilu, papar Dudung Abdu Salam.


Mengutif penegasan Ramlan Surbakti, bahwa salah satu ciri Pemilu yang berintegritas adalah partisifadi seluruh pemangku kepentingan dalam seluruh rangkaian tahapan Pemilu. Hal ini untuk menjamin agar rakyat berdaulat. Peran warga negara dalam Pemilu tak hanya memberi suara, tetapi juga melakukan berbagai peran berbeda pada seluruh tahapan Pemilu, tutur Dudung A Salam.


Dikemukakan, untuk tercapainya tahapan Pemilu Serentak secara maksimal melalui program sosialisasi dan parmas. Program itu antara lain, Pemasangan alat peraga sosialisasi (spanduk, famplet, baligo),Iklan Radio, Konser musik, jalan sehat/Run KPU, KPU Goes to school/kampus, Talkshow di Radio, Relawan demokrasi, monitoring dan evaluasi ke PPK dan PPS, terangnya.


(H WAWAN JR)





Related Post


 


Comment