Advertisement

Rabu, 7 November 2018 08:05 WIB

Musim Hujan Bikin Malas Bekerja? Ini Kata Psikolog

Malda —0
Musim Hujan Bikin Malas Bekerja? Ini Kata Psikolog

Terasjabar.id - Memasuki musim hujan di Indonesia, tentunya sinar matahari akan jauh lebih sedikit dibandingkan pada saat musim kemarau. Kondisi yang gelap dan dingin di musim ini memang banyak dipercaya akan mempengaruhi mood dan produktivitas kerja seseorang, misalnya jadi malas bekerja.

"Bener banget, otomatis pengen bobok soalnya dingin. Kerja juga jadi lambat banget soalnya bawaannya jadi pengen leyeh-leyeh terus nyemil-nyemil," ujar April (23), seorang karyawan swasta saat diwawancarai detikHealth, Selasa (6/11/2018).

Psikolog Universitas Indonesia, Bona Sardo, MPsi, menyebutkan ada faktor psikologis yang membenarkan bahwa musim hujan ini akan menurunkan produktivitas kerja seseorang. Sehingga malas-malasan yang dialami seseorang di musim hujan bukan hanya bualan belaka.

"Hal itu terjadi akibat mood depresif. Kondisi inilah yang mempengaruhi seseorang cenderung lebih malas melakukan sesuatu. Sehingga banyak orang yang akan memilih untuk 'kelonan' (berpelukan) di tempat tidur sambil selimutan saat musim hujan," tutur Bona, panggilan akrabnya.

Menurut Bona, mood yang muncul saat musim hujan jauh lebih depresif tersebut diakibatkan oleh suasana yang umum terjadi saat musim hujan, seperti gloomy (sendu), lembab, dingin, dan jauh lebih gelap dan syahdu.

(Tika/Sumber:Detik.com)





Related Post



Comment