Advertisement

Fakta-Fakta tentang MSG yang Perlu Kamu Tahu

S.N.A 6 11 18 Teras Health
Fakta-Fakta tentang MSG yang Perlu Kamu Tahu

Terasjabar.id – Monosodium Glutamate (MSG) acapkali menjadi kambing hitam atas munculnya kasus gangguan kesehatan pada manusia. Padahal, faktanya bahan tambahan penyedap rasa itu aman dikonsumsi dan tidak berdampak buruk untuk kesehatan apabila dikonsumsi secukupnya.

Nah, untuk menghindari salah kaprah tentang MSG ada baiknya Anda simak fakta-faktanya sebagai berikut :


1. Bahan tambahan penyedap rasa (MSG) adalah terbuat dari tetes tebu bukan zat kimia (sintetik) atau zat aditif dan MSG dibuat melalui proses fermentasi.

2. Kandungan zat dalam bahan tambahan pangan penyedap rasa (MSG) ada tiga yaitu: asam glutamat 78 persen, natrium 12 persen dan air 10 persen, sebagai zat utama adalah asam glutamat yang merupakan asam amino yang tidak berbeda asam glutamat yang terkandung dalam makanan alami sehari-hari seperti tomat, susu keju dsb.


3. Bahan tambahan pangan penyedap rasa (MSG) mudah larut dan dapat dimetabolisme dengan baik dalam tubuh.

4. Bahan tambahan pangan penyedap rasa (MSG) sudah diakui keamanannya oleh beberapa badan dunia yang berkompeten dalam bidang makanan seperti: JECTA (terdiri dari FAO dan WHO), FDA dan juga oleh Kementerian Kesehatan serta BPOM RI

5. Bahan Tambahan Pangan Penyedap Rasa (MSG) adalah salah satu bahan tambahan pangan penguat rasa yang paling aman dan diizinkan untuk dikonsumsi berdasarkan peraturan menteri kesehatan No.033 tahun 2012 dengan takaran penggunaan SECUKUPNYA.

“Berdasarkan penjelasan pada angka 1 s/d 5 di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bahan tambahan pangan penyedap rasa (MSG) adalah aman dikonsumsi dan tidak berdampak buruk/bahaya pada kesehatan seperti yang tersebut di atas,” demikian pernyataan Persatuan Pabrik Monosodium Glutamate dan Glutamic Acid Indonesia (P2MI).

Artikel ini sekaligus sebagai Hak Jawab atas berita di Lifestyle.okezone.com tertanggal 8 Oktober 2018 berjudul "Saus Tomat Kemasan Ternyata Lebih Berbahaya! Apa Saja "Racun" di Dalamnya", di mana di dalamnya terdapat tulisan:

Tak hanya itu, untuk menambahkan rasa lezat, maka MSG ditambahkan ke dalam campuran saus tomat. Banyak perusahaan menambahakan bumbu alami dengan menggunakan MSG yang cukup berbahaya untuk menyebabkan komplikasi terkait asma dan kerusakan otak.

Kemudian berita tertanggal 15 Oktober 2018 berjudul "Menjadikan Mi Sebagai Pengganti Nasi yang dikonsumsi Setiap Hari, Sehatkah?," dimana di dalamnya terdapat tulisan:

Nah, yang mengerikan adalah kandungan bahan yang terdapat pada bumbunya yakni garam dan monosodium glutamate (MSG). Meskipun FDA menyatakan MSG sebagai makanan yang aman untuk dikonsumsi, tapi efeknya bagi kesehatan masih kontroversial. Beberapa penelitian telah menghubungkan konsumsi MSG yang sangat tinggi dengan penambahan berat badan, peningkatan tekanan darah, sakit kepala dan mual. Beberapa penelitian juga menyarankan MSG daat berdampak negatif bagi kesehatan otak. Sebuah eksperimen menemukan bahwa MSG dapat menyebabkan pembengkakan dan kematian sel-sel otak dewasa.

Persatuan Pabrik Monosodium Glutamate dan Glutamic Acid Indonesia menegaskan, tulisan tentang MSG di atas adalah tidak benar, karena berdasarkan fakta-fakta ilmiah dan regulasi terkait keamanan pangan, MSG dimasukkan sebagai Bahan Tambahan Pangan yang aman dikonsumsi, dan tidak berdampak buruk/berbahaya bagi kesehatan manusia. MSG sebagai bahan tambahan pangan juga sudah mendapat izin edar dari BPOM RI.

(Sari/Sumber : Okezone.Com)

Related Post

Comment