Advertisement

Selasa, 3 September 2019 17:50 WIB

6 Meme Kocak KKN di Desa Penari ala Institusi Pemerintah

Dea —Berita Viral
6 Meme Kocak KKN di Desa Penari ala Institusi Pemerintah

Terasjabar.id - Kisah KKN di Desa Penari tengah menyita perhatian publik. Kisah bernuansa mistis ini pertama kali dibagikan oleh sebuah akun anonim di Twitter dengan user @SimpleM81378523.

Bila dibandingkan dengan kisah-kisah mistis yang beredar di media sosial, kisah KKN di Desa Penari memang terbilang sangat menarik. Sang penulis berhasil menggambarkan setiap tokoh dengan baik, menciptakan nuansa mencekam, dan dilengkapi detail-detail yang membuat para pembaca menjadi penasaran untuk terus membaca.

Hasil rangkuman Okezone, Selasa (3/9/2019), KKN di Desa Penari mengisahkan 6 mahasiswa dan mahasiswi dari sebuah perguruan tinggi di Jawa Timur yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa angker. Mereka adalah Widya, Nur, Ayu, Bima, Wahyu, dan Anton.

Namun karena perilaku dan sikap tak sopan Ayu dan Bima, tugas KKN di Desa Penari malah menjadi petaka. Padahal, sejak awal sesepuh di desa tersebut sudah mewanti-wanti agar program KKN tidak melewati area yang sudah ditetapkan.

Singkat cerita, Ayu dan Bima harus membayar tindakan mereka dengan nyawa. Keduanya dikabarkan meninggal dunia dengan kondisi yang mengenaskan. Hingga saat ini, belum dapat dipastikan apakah kisah ini benar-benar terjadi di sebuah kota berawalan B di Jawa Timur itu.

Namun dalam beberapa hari terakhir, masyarakat Indonesia masih ramai membicarakan kisah mistis tersebut. Saking viralnya, sejumlah institusi pemerintah menggunakan kesempatan emas ini untuk mempromosikan program besutan mereka.

Mulai dari PLN, Kementerian Kelautan, dan Perikanan, Ditjen Pajak, dan masih banyak lagi. Penasaran seperti apa strategi marketing atau promosi yang mereka lakukan? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Perusahaan Listrik Negara (PLN)

 Meme

Promo pertama datang dari Perusahan Listrik Negara (PLN). Perusahaan BUMN yang sempat menjadi sorotan publik menyusul insiden pemadaman listrik di Jabodetabek dan sejumlah daerah di Pulau Jawa ini seolah ingin menarik kembali simpati masyarakat Indonesia. Mereka mengunggah sebuah foto dengan latar belakang pekerja yang sedang mendirikan tiang listrik di sebuah kawasan perhutanan. Pada bagian atas foto tampak seorang penari tradisional sedang menjetikkan tangannya. Penggunaan foto itu memang sengaja dilakukan untuk menciptakan nuansa Desa Penari yang sedang viral. Bisa dilihat juga dari caption yang mereka tulis.

“PLN terus berjuang listriki desa. Agar KKN tak jadi Kisah Misteri,” tulis PLN pada keterangan foto.


2. Pos Indonesia

 Meme kocak

BUMN yang bergerak di bidang layanan pos ini juga tidak mau ketinggalan. Mereka mengunggah sebuah foto yang menampilkan seorang pengantar pos dengan caption yang sangat menggelitik. “Mau KKN di Desa Penari atau KKN di Desa Manapun, Kantor Pos siap antar paket kamuuuu..,” tulis Pos Indonesia pada keterangan foto,


3. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)


 Meme

Konsep berbeda justru diusung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Mereka mengimbau masyarakat Indonesia, terutama bagi para mahasiswa yang sedang KKN di daerah pesisir untuk tidak membuang sampah sembarangan. Tak tanggung-tanggung, foto yang digunakan adalah potret Menteri Susi Pudjiastuti yang diedit sedemikian rupa seperti putri duyung dengan berbagai perlengkapan senjata.

“Ayo Jaga Laut Kita. Awas.. Ratu Laut Lebih Tegas Daripada Ratu Ular,” tulis pihak KKP pada keterangan foto.


4. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

 Meme

Dari bidang perbankan ada Bank Rakyat Indonesia (BRI). Ya meski unggahannya tidak sekreatif PLN, Pos Indonesia, dan KKP, inisiatif mereka patut untuk diapresiasi. Kapan lagi melihat lembaga sekelas BUMN ikut keranjingan konten-konten viral di media sosial? Strategi promosi yang mereka lakukan bisa Anda lihat pada foto di bawah ini. Namun, ada juga netizen yang meragukan bahwa unggahan tersebut tidak resmi karena hasil editannya sedikit agak kasar dan ada kesalahan penulisan.


5. Badan Pusat Statistik (BPS)


Meme

Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang bertanggung jawab langsung kepada presiden ini juga tidak mau kalah. Mereka mengunggah sebuah foto dengan sebuah pesan yang super kocak. “Dimanapun Anda berada, sekalipun di Desa Penari, semua akan kami sensus,” tulis keterangan foto. Hmm, apakah Badarawuhi dan antek-anteknya juga akan disensus? Ini masih menjadi misteri.


6. Direktorat Jenderal Pajak

 Meme

Foto promosi super niat dan tidak kalah lucunya datang dari Direktorat Jenderal Pajak yang berada di bawah naungan langsung Kementerian Keuangan Indonesia. Tak tanggung-tanggung, mereka mengunggah sebuah komik singkat tentang kisah seorang wanita berhijab saat sedang asyik melintasi pedesaan di malam hari.

Dalam komik itu, ia merasa sangat senang melihat jalanan di pedesaannya sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Namun, tiba-tiba ia mendengar suara gamelan dan sekelabat hitam menyerupai penari tradisional.


Penggambaran ini ternyata dikaitkan dengna kisah KKN di Desa Penari. Pada bagian foto juga disematkan sebuah foto menarik yang berbunyi, “Dari 70 triliun dana desa pada APBN 50 triliun di antaranya bersumber dari pajak yang #KawanPajak bayarkan”.



(okezone.com)





Related Post



Comment