Advertisement

Selasa, 3 September 2019 16:37 WIB

Apakah di Indonesia Bisa Turun Salju?

Irman Aryagung —Opini Anda
Apakah di Indonesia Bisa Turun Salju?

Terasjabar.id – Kalau sedang panas-panasnya di luar, kita pun mungkin mencari sesuatu hal yang bisa ‘mendinginkan’ sekaligus menyegarkan. Dan, seketika kita terbayang kalau ada salju yang turun, pasti lebih seru. Tunggu dulu, sebetulnya bisa ngga sih negara tropis seperti Indonesia itu turun salju?

Buat ngerasain salju pun harus pergi ke daerah subtropis dulu. Hmmm.. kapan ya bisa turun di daerah tropis?
    Buat ngerasain salju pun harus pergi ke daerah subtropis dulu. Hmmm.. kapan ya bisa turun di                                                                           daerah tropis?

Bisa?

Usut punya usut, supaya salju bisa turun di suatu wilayah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Tapi, sayangnya, yang bisa memenuhi persyaratan itu hanya daerah subtropis dan Kutub saja. Soalnya, hujan salju cuma bisa terbentuk saat uap air di langit sana membeku dan bergabung menjadi kristal salju.

Yang bisa merasakan salju, hanya dua zona saja. Hayo, zona yang mana saja?
             Yang bisa merasakan salju, hanya dua zona saja. Hayo, zona yang mana saja?

Supaya hal ini bisa terjadi, kita membutuhkan udara yang lembab. Buat yang satu ini, Indonesia emang juaranya. Masalahnya, kita juga butuh suhu udara di bawah nol derajat Celsius. Di Indonesia, manalah ada tempat sedingin itu?

Suhu lembab bisa terpenuhi, tapi mampukah memenuhi suhu yang lebih dingin lagi?
        Suhu lembab bisa terpenuhi, tapi mampukah memenuhi suhu yang lebih dingin lagi?

Tapi, jangan salah! Faktanya, di seluruh dunia ada 3 negara tropis yang punya puncak bersalju. Dan Indonesia sangat beruntung jadi salah satunya! Di Pegunungan Jayawijaya, ada beberapa puncak yang tertutup lapisan salju. Hanya saja, lapisan ini ternyata bukan hasil hujan salju terus-terusan, tapi sisa-sisa dari Zaman Es ribuan tahun lalu.

Tetap masih ada kok, walaupun ngga semuanya
                                Tetap masih ada kok, walaupun ngga semuanya

Lapisan es ini bisa terus bertahan karena saking dinginnya suhu di ketinggian Jayawijaya. Tapi, suhu itu pun bahkan ngga sampai minus derajat. Dengan semakin panasnya suhu global, es Jayawijaya juga semakin menyusut. Tanpa adanya hujan salju baru, lapisan es ini bisa saja lenyap tidak lama lagi. Jadi, sepertinya kita memang butuh keajaiban biar salju bisa turun di Indonesia.

Apa perlu mendatangkan dia ke Indonesia?
                               Apa perlu mendatangkan dia ke Indonesia?

Bukan salju, tapi….

Tapi, jangan buru-buru sedih! Meskipun nggak bisa turun salju, di negara tropis mungkin banget turun hujan es! Fenomena ini bahkan sudah beberapa kali terjadi di Indonesia. Kalau salju terbentuk dari pembekuan air dalam wujud gas, hujan es tercipta dari pembekuan air dalam bentuk cair.

Pas peralihan, bisa terciptalah hujan es. Hmmm, gimana bisa dijelasin lagi?
            Pas peralihan, bisa terciptalah hujan es. Hmmm, gimana bisa dijelasin lagi?

Hujan es sering terjadi saat peralihan musim, ketika sekumpulan udara lembab bergerak naik tepat dibawah lapisan udara kering, lalu terkena tiupan angin yang dingin dari wilayah gunung. Akhirnya, yang turun jadi bongkahan padat macam es batu dari kulkas kita. Jadi, ada baiknya kita ngga joget-joget di bawah derai hujan yang satu ini.

 Apa perlu ke zaman es lagi buat ngerasain salju?
                                   Apa perlu ke zaman es lagi buat ngerasain salju?

Bagaimanapun juga, salju yang sangat… sangat… sangat kita dambakan mungkin masih bisa turun di Indonesia. Dengan catatan, terjadi kekacauan iklim dan musim, seperti akibat andaikan Bulan suatu saat akan lenyap. Tapi, bilamana hal ini terjadi, kasihan juga hewan-hewan dan tumbuhan Indonesia yang biasa panas-panasan. Selain itu, bisa gawat nasib makanan pokok kita nanti!

Nikmatilah salju di tanah air kita. Tapi, pernah ngga kesana?
                           Nikmatilah salju di tanah air kita. Tapi, pernah ngga kesana?

Jadi, nggak usah cemburu sama salju tetangga. Walaupun, memang rumput tetangga lebih indah daripada rumput kita. Mending kita bangga sama salju sendiri… mumpung masih ada.

 

 

 

(linetoday.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apakah Indonesia Turun Salju



Related Post



Comment