Advertisement

Selasa, 6 November 2018 16:18 WIB

Anti Tumbang di Musim Hujan dengan 5 Olahraga Ini, Simak Guys Penting Banget !!

S.N.A —0
Anti Tumbang di Musim Hujan dengan 5 Olahraga Ini, Simak Guys Penting Banget !!

Terasjabar.id - Suasana mendung dan dingin saat musim hujan kerap membuat kita malas berolahraga, terutama yang terbiasa melakukan olahraga di luar ruangan seperti berlari. Padahal jika kita berhenti olahraga tubuh akan semakin rentan terkena penyakit.

Ada beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan baik di luar maupun di dalam ruangan sehingga tak perlu khawatir apabila sedang turun hujan. Beberapa sangat menyenangkan dan membantu menyingkirkan stres. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 5 olahraga terbaik untuk jaga kesehatan di musim hujan:

1. Yoga
Foto: Istimewa 

Yoga menjadi olahraga favorit saat musim hujan, karena sering dalam sesi yoga sendiri menggunakan suara latar percikan air yang menenangkan. Saat hujan suara percikan air langsung terdengar nyata juga akan lebih menenangkan.

Olaraga yang simpel, selain hanya butuh matras yoga saja atau tanpa instruktur sekalipun bisa kamu lakukan. Setidaknya tiga puluh menit yoga tiap harinya dapat menambah kekuatan dan kelenturan tubuh. Yoga bisa dilakukan baik di luar atau di dalam ruangan, sehingga menjadikannya olahraga yang sangat tepat saat musim hujan.

Salah satu jenis yoga yang paling diminati adalah flying yoga atau yoga anti gravitasi. Jenis ini mengombinasikan akrobatik dan teknik asana anti gravitasi menggunakan kain yang digantung dari langit-langit. Flying yoga dapat membantu menguatkan dan mensejajarkan tulang punggung, meredakan nyeri dan menenangkan dengan posisi-posisi 'jungkir balik'nya.

2. Lompat tali
Foto: Thinkstock

Kebanyakan dari kita tak lagi melakukan olahraga lompat tali karena merasa bahwa aktivitas tersebut hanya sekedar permainan masa kanak-kanak. Padahal lompat tali sangat efektif sebagai latihan kardiovaskular untuk seluruh tubuh, dan bisa dilakukan di dalam ruangan apabila sedang turun hujan.

Sebelum memulai, gunakan sepatu lari yang sangat nyaman dan memiliki sol atau bantalan kaki yang lembut untuk meredam lonjakan dan memudahkanmu melompat. Dan selalu ingat untuk melakukan pemanasan dan pendinginan singkat, jangan langsung mulai. Setidaknya lakukan 3 sesi lompat tali selama 10 menit di tiap minggunya.


3. Bersepeda
Foto: Thinkstock

Mungkin kedengarannya tidak cocok untuk bersepeda di musim hujan, namun bersepeda bisa menjadi olahraga pilihanmu untuk dilakukan usai hujan turun. Bersepeda akan menguatkan kaki dan inti tubuh, serta meningkatkan pemompaan jantung alias olahraga kardio. Bersepeda juga lebih friendly bagi otot ketimbang berlari.

Atau jika tak memiliki sepeda dan tak memiliki waktu yang tepat usai hujan turun, kamu bisa pergi ke gym dan bersepeda menggunakan sepeda statis atau ikut spinning class. Jika ingin mencari pilihan olahraga kardio lainnya, skating atau bersepatu roda juga bisa membantumu membakar kalori, namun bersepatu roda disarankan menggunakan postur yang baik dan benar serta aman.


4. Panjat tebing indoor
Foto: Hendra Nurdiyansyah/Antara Foto

Panjat tebing meningkatkan stamina, menguatkan bagian punggung dan membangun otot bagian atas. Tak hanya itu, gerakan memanjat biasanya menuntut kesadaran tubuh dan pemecahan masalah serta membantu mengurangi stres. Maka tak heran pula jika banyak yang kecanduan olahraga satu ini.

Tak perlu melakukannya di luar, kini panjat tebing juga bisa dilakukan di dalam ruangan. Banyak gym yang memiliki fasilitas panjat tebing di dalamnya. Para pemula biasanya memulai latihan panjant tebing dengan bouldering atau memanjat dinding pendek tanpa harness atau tali dan top roping (memanjat bersama instruktur menggunakan tali atau harness).


5. Berenang
Foto: Dok. Istimewa

Berenang saat musim hujan mungkin terkesan menambah sakit atau membuat tubuh lebih rentan sakit. Akan tetapi justru berenang malah bisa membantumu mencegah penyakit, lho. Dikutip dari Live Strong, berenang saat hujan tidak mengancam kesehatan seseorang, namun seringkali kita dilarang berenang saat hujan karena potensi tersambar petir melalui air.

Olahraga satu ini merupakan olahraga seluruh tubuh paling efektif, mulai dari ujung kepala hingga ujung jari kaki. Tak bisa berenang? Tidak usah khawatir, cukup bergerak bebas atau sekedar berjalan di dalam air juga bisa jadi olahraga yang bagus, terutama untuk membakar kalori.

(Sari/Sumber : Detik.Com)


tips dimusim hujan olahraga



Related Post



Comment