Advertisement

Bupati Indramayu Anna Sophanah Mundur, Ridwan Kamil Sebut karena Alasan Keluarga

S.N.A 6 11 18 Hot News
Bupati Indramayu Anna Sophanah Mundur, Ridwan Kamil Sebut karena Alasan Keluarga

Terasjabar.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah menerima surat pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah. Emil menyebutkan alasan mundur Anna ialah ingin mengurus keluarga.

"Sudah terima, namanya orang mengundurkan diri, artinya sudah merasa tidak memungkinan berada di posisi itu. Saya kira nanti di-follow up," kata Ridwan Kamil usai membuka Pameran Buku Jabar Juara, di Gedung Landmark Kota Bandung, Selasa 6 November 2018.

Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan bahwa surat pengudnuran diri Anna Sophanah sebagai bupati Indramayu akan diteruskan kepada Kementrian Dalam Negeri. Dia menegaskan bahwa yang berhak menentukan keputusan tersebut adalah Kemendagri dan bukan oleh Gubernur.

"Nanti akan di-forward ke Kemendagri. Harap diingat gubernur itu bukan pengambil keputusan. Yang ambil keputusan Kemendagri," ujar Emil seperti dilansir kantor berita Antara.

Lebih lanjut, Emil menuturkan bahwa alasan pengunduran Anna Sophanah sebagai bupati Indramayu yang tertuang dalam surat yang diterimanya. Soalnya yang bersangkutan ingin fokus mengurus keluarganya.

"Alasannya lebih banyak alasan keluarga. Jadi, bukan urusan kedinasan, ingin lebih mengurusi keluarga di sisa waktunya yang mungkin selama ini agak terkendala karena kedinasan luar biasa," ujar dia.

Siapa pengganti jika Anna Sophanah mundur dari Bupati Indramayu?

Sementara itu, terkait posisi yang ditinggalkan Anna akan ada penggantinya. Dia mengungkapkan jika Anna Sophanah resmi mengundurkan diri sebagai bupati, maka wakilnya yang akan menggantikan posisi orang nomor satu di Kabupaten Indramayu.

"Wakilnya yang menggantikan dan meminta koalisi sebelumnya untuk memilihkan pendamping yang akan menjadi bupati definitif," katanya.

Anna Sophanah telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai bupati Indramayu ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indramayu. Surat pengajuan itu diajukan pada 30 Oktober 2018. Saat ini DPRD Indramayu tengah melakukan pembahasan terkait pengunduran diri Anna Sophanah.

Seperti diketahui, Anna Sophanah merupakan istri dari Bupati Indramayu pada masa sebelumnya yaitu Irianto MS Syafiuddin atau Yance. Anna menjabat sebagai Bupati Indramayu sejak tahun 2010 yang lalu menggantikan suaminya tersebut.

Pada Pemilukada (Pemilihan Umum Kepala Daerah) tahun 2010, pasangan Anna Sophana-Supendi mendapat 511.359 (60,78%) suara. Lalu pada tahun 2015 yang lalu, Anna Sophana yang berpasangan dengan Supendi terpilih kembali pada Pilbup Indramayu.

(Sari/Sumber : Pikiran Rakyat)

Related Post

Comment