Advertisement

Pertumbuhan ekonomi masih didorong Pulau Jawa, ini kata Menko Darmin

Dea 6 11 18 Teras Bisnis
Pertumbuhan ekonomi masih didorong Pulau Jawa, ini kata Menko Darmin

Terasjabar.id- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat struktur pertumbuhan ekonomi Indonesia secara spasial pada pada kuartal III-2018 masih didominasi oleh kelompok provinsi di Pulau Jawa. Wilayah ini memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar 58,57 persen.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, pertumbuhan ekonomi antara Jawa dan luar Jawa memang memiliki segmen yang berbeda. Jawa sendiri lebih berorientasi terhadap industri dan pertanian.

"Jangan bilang terpusat di Jawa dong. Pertumbuhan kita itu memang gini, pertumbuhan antara luar Jawa dan Jawa itu memang tergantung situasi. Jadi ekonomi kita itu di Jawa pertanian dan industri," ujar Menko Darmin di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (6/11).

Berbeda dengan Jawa, daerah lain lebih berorientasi terhadap pertanian dan Sumber Daya Alam (SDA). Sehingga, begitu terjadi goncangan harga komoditas akan langsung berdampak terhadap ekonomi luar Jawa.

"Luar Jawa itu pertanian dan SDA. Jadi kalau harga komoditi perkebunan misalnya belum membaik memang, luar Jawa itu sedikit akan tertinggal, sedikit. Tapi ya tidak banyak," jelasnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, saat ini harga SDA memang sudah mulai mengalami perbaikan. Namun untuk perkebunan masih stagnan atau belum ada kenaikan yang cukup positif.

"SDA itu pertambangan sebenarnya mulai membaik, tapi perkebunan belum. Jadi sudah lah enggak usah selalu dilihat perbedaannya ya ini berganti-ganti," tandasnya.

(Nada/Sumber:Merdeka.com)

Related Post

Comment