Advertisement

Ini Dia, Delapan Penyebab Darah Tinggi yang Sesungguhnya

Malda 6 11 18 Teras Health
Ini Dia, Delapan Penyebab Darah Tinggi yang Sesungguhnya

Terasjabar.id - Tekanan darah tinggi juga dikenal sebagai hipertensi adalah salah satu jenis penyakit yang dapat membunuh secara diam-diam tanpa adanya gejala. Bila dibiarkan tidak diobati, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Termasuk gagal jantung, stroke, kehilangan penglihatan dan juga penyakit ginjal.

Sebagaimana kita tahu jantung merupakan otot yang memompa darah ke seluruh tubuh. Dimana darah yang memiliki kadar oksigen rendah dipompa menuju paru-paru, sampai pasokan oksigen diisi kembali.

Apabila seseorang mempunyai tekanan darah tinggi, maka itu berarti dinding arteri menerima terlalu banyak tekanan secara konstan. Adapun penyebab tekanan darah tinggi dibagi menjadi dua, yakni:

1. Tekanan darah tinggi yang penting

2. Tekanan darah tinggi sekunder

Walaupun tak ada penyebab yang mampu diidentifikasi untuk tekanan darah tinggi, ada beberapa faktor risiko kemungkinan mengembangkan kondisi tersebut. Berikut ini penyebab tekanan darah tinggi, meliputi:

1. Umur

Semakin bertambahnya usia anda, maka semakin tinggi pula risiko anda mengalami tekanan darah tinggi.

2. Genetik

Bila anda mempunyai anggota keluarga dengan hipertensi, peluang bagi anda untuk mengembangkannya jauh lebih tinggi.

3. Obesitas dan kelebihan berat badan

Baik orang yang kelebihan berat badan dan juga obesitas umumnya lebih cenderung mengembangkan tekanan darah tinggi daripada orang dengan berat badannya normal.

4. Merokok

Merokok menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga menghasilkan tekanan darah yang lebih tinggi. Selain itu, merokok juga dapat mengurangi kandungan oksigen darah alhasil jantung harus memompa lebih cepat untuk mengkompensasi.

5. Stres mental

Ada beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa tekanan mental tinggi dalam jangka panjang bisa berdampak serius pada tekanan darah. Salah satunya stres berisiko mengalami tekanan darah tinggi di kemudian hari.

6. Kehamilan

Wanita hamil memiliki risiko lebih tinggi terkena darah tinggi daripada wanita dengan orang yang tidak hamil. Hal ini karena hipertensi kerap kali dijumpai selama kehamilan.

7. Ketidakaktifan fisik

Kurang berolahraga dan menjalani gaya hidup yang tidak aktif pasalnya dapat meningkatkan risiko penyakit hipertensi.

8. Asupan garam berlebihan

Berbagai peneliti menemukan bahwa sebagian orang yang tidak makan banyak garam mempunyai tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan orang yang makan banyak garam.




(Tika/Sumber:Viva.co.id)

Related Post

Comment