Advertisement

Alasan keluarga, pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah segera diproses Emil

Dea 6 11 18 Pendidikan
Alasan keluarga, pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah segera diproses Emil

Terasajabar.id- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sudah menerima surat pengunduran diri Anna Sophanah sebagai Bupati Indramayu. Ia akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk segera memproses pergantian bupati definitif.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan bahwa dalam surat yang diterimanya, alasan Anna mundur dari jabatannya karena faktor keluarga.

"Alasannya lebih banyak alasan keluarga ya. Jadi bukan urusan kedinasan. (Anna) ingin lebih mengurusi keluarga di sisa waktunya yang mungkin selama ini agak terkendala karena kedinasan luar biasa," katanya saat ditemui di sela kegiatannya di Jalan Braga, Kota Bandung, Selasa (6/11/2018).

Ia menegaskan bahwa keputusan akhir mekanisme dan waktu peresmian dari kebijakan penggantian ada di tangan Mendagri. Hanya saja, wakil Bupati Indramayu, Supendi kemungkinan besar akan naik jabatan mengisi kekosongan yang akan ditinggalkan Anna.

"Wakilnya yang akan menggantikan dan (saya) meminta koalisi sebelumnya untuk memilihkan pendamping yang akan menjadi bupati definitif," terangnya.

"Nanti diforward ke Kemendagri. Harap diingat Gubernur itu bukan pengambil keputusan. Yang ambil keputusan Kemendagri," ucapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak menanggapinya secara berlebihan. Emil memastikan program pembangunan tetap berjalan siapapun pemimpinnya.

"Situasinya memang berbeda tiap masyarakat nanti kita upayakan yang terbaik," katanya.

Bupati Indramayu Anna Sophanah sudah mengajukan surat pengunduran diri ke Sekretariat DPRD Kabupaten Indramayu pada tanggal 30 Oktober 2018. DPRD Indramayu akan menggelar rapat paripurna pada 7 November 2018 mendatang.

Anna menjabat sebagai Bupati Indramayu setelah memenangkan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Indramayu pada tahun 2010 lalu bersama wakilnya, Supendi.

Setelah menuntaskan satu periode, keduanya kembali mempertahankan posisinya, setelah unggul dari pesaingnya, yakni Toto-Rastawiguna dalam Pilbup Kabupaten Indramayu tahun 2015. Anna merupakan istri mantan bupati Indramayu dua periode Irianto MS Syafiuddin.

(Nada/Sumber:Merdeka.com)

Related Post

Comment