Advertisement

Kuat Diisukan Jadi Wagub DKI, Syaikhu Siap Ikuti Fit and Proper Test

Dea 6 11 18 Politik
Kuat Diisukan Jadi Wagub DKI, Syaikhu Siap Ikuti Fit and Proper Test

Terasjabar.id- Kader PKS Ahmad Syaikhu kuat diisukan menjadi Wagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno. Mantan Wakil Wali Kota Bekasi itu juga mengaku siap mengikuti fit and proper test yang diselenggarakan oleh badan seleksi dari PKS dan Partai Gerindra.

"Insyaallah (siap mengikuti fit and proper test), kita ikuti bagaimana aturan yang diberlakukan oleh DPRD. Jadi sepanjang itu dipersyaratkan kita Insyaallah akan mengikuti apa yang disyaratkan," kata Syaikhu saat dihubungi, Senin (5/11/2018).

Namun Syaikhu enggan menyebut dirinya sebagai kandidat yang paling layak untuk mengisi kursi DKI-2. Dia menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada tim seleksi.
'Ya tentu yang bisa menyatakan layak dan tidaknya saya atau kandidat lain nanti pada saat fit and proper test, kalau saya yang menyatakan saya layak, nggak enak," ujarnya.
Syaikhu juga setuju terkait kriteria calon Wagub DKI harus memahami persoalan yang ada di Jakarta. Bagi Syaikhu, seorang pemimpin memang harus menguasai betul tentang kondisi daerah yang dipimpinnya.
"Memang harus begitu, seorang pemimpin satu daerah harus menguasai betul kondisi daerahnya. Kalau yang nggak paham tentang suatu daerah, ini menjadi suatu yang ironi," ujarnya.
Sebelumnya, Gerindra dan PKS DKI Jakarta menggelar pertemuan mengenai persoalan Wagub DKI. Hasilnya, Gerindra sepaKat untuk menyerahkan kursi DKI-2 kepada PKS.
Mereka juga sepakat untuk membentuk tim kecil dalam menyelenggarakan fit and proper test Wagub DKI. Tim tersebut kemudian akan menyerahkan dua nama yang telah diseleksi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kami sepakat untuk membuat ada satu badan yang dibuat bersama untuk melakukan fit and proper terhadap calon-calon wakil gubernur yang akan diusulkan kepada DPRD melalui Gubernur DKI Jakarta," kata Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik saat jumpa pers, Senin (5/11).
(Nada/Sumber:Merdeka.com)

Related Post

Comment