Advertisement

Tips Keuangan buat PNS yang Gajinya Naik 5 Persen di 2019

Tips Keuangan buat PNS yang Gajinya Naik 5 Persen di 2019
Editor: Malda 0 —Selasa, 6 November 2018 08:10 WIB

Terasjabar.id - Ada kabar gembira untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bakal mengantongi kenaikan gaji sebesar 5 persen pada tahun 2019 mendatang. Hal itu sudah dipastikan oleh Kementerian Keuangan melalui pengesahan Undang-Undang APBN 2019 dalam rapat paripurna di DPR RI pada Rabu (31/10) lalu.

Tapi walau gaji naik, jangan buru-buru untuk turut meningkatkan gaya hidup apalagi yang cenderung bersifat konsumtif. Perencana Keuangan Eko Indarto menyarankan, kenaikan gaji justru perlu dialokasikan untuk hal produktif.

"Harusnya ketika gaji naik bukan konsumsi dinaikkan, kalau bisa alokasi investasinya bisa ditambah," kata Eko.

Menurut Eko, kenaikan gaji idealnya tidak mengubah cash flow yang sudah berjalan selama ini. Apalagi tingkat inflasi rendah, harusnya pengeluaran tidak bertambah.

"Jika inflasi juga naiknya enggak sampai 5 persen, ya alokasi pengeluarannya sama saja dengan saat ini. Artinya tetap, yang paling penting 30 persen untuk utang dan tagihan, 10 persen ditambah kenaikan gaji untuk investasi, dan sisanya untuk kebutuhan pokok dan keinginan" tegasnya.

Sebaliknya untuk keperluan gaya hidup, menurut Eko ada baiknya tidak mengambil dari kenaikan gaji. Apalagi, sampai menganggapnya sebagai 'bonus' yang harus dihabiskan saat itu juga.

Pasalnya kata Eko, harga kebutuhan dimungkinkan kian naik dari waktu ke waktu. Tak hanya itu, keperluan mendadak atau darurat bisa terjadi kapan saja.

Untuk itu, sebaiknya kenaikan gaji dialokasikan untuk investasi atau dana darurat.

"Gaya hidup itu terakhir, setelah semua dialokasikan sedemikian rupa untuk pos-pos pengeluaran yang tadi baru sisanya digunakan untuk gaya hidup," tutupnya.

 

 

 

(Tika/Sumber:Kumparan.com)

Tips Keuangan PNS Naik 5 Persen di 2019


Related Post



Loading...