Advertisement

Selasa, 6 November 2018 07:18 WIB

KNKT Duga Pilot Lion Air JT-610 Merasa Laju Pesawat Beda dari Biasanya

Malda —Hot News
KNKT Duga Pilot Lion Air JT-610 Merasa Laju Pesawat Beda dari Biasanya

Terasjabar.id - Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT menduga pilot Lion Air JT-610 merasakan sesuatu yang berbeda dengan laju pesawat yang dikemudikannya, gara-gara alat penunjuk kecepatan pesawat itu rusak. Dengan kata lain, si pilot tak tahu berapa kecepatan pesawatnya.

“Normalnya, pilot terbang dengan posisi tertentu menimbulkan kecepatan tertentu. Dalam kasus ini, mungkin pilotnya bisa merasa kenapa kecepatan pesawat saya berbeda dari biasanya," kata Kepala Sub Komite Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo, di Jakarta pada Senin, 5 November 2018.

Selain dampak itu adalah pesawat bisa mengalami naik turun di ketinggian. Sebab pilot berupaya menemukan keselarasan antara mesin dengan kecepatan.

KNKT juga masih mencari tahu apakah kerusakan terjadi pada sensor kecepatan atau tidak. Jika pada sensor kecepatan, tentu hal itu berbahaya karena sensor kecepatan juga digunakan untuk komponen lain.

"Kalau di sensor kecepatan ini juga dipakai di instrumen lain bisa kena. Mungkin jadi kesulitan pilot, sebenarnya pesawat ini kenapa," katanya.

Namun, sejauh ini kerusakan penunjuk kecepatan itu belum bisa disebut penyebab pesawat jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Sebab hingga kini hal itu masih dikaji.

(Tika/Sumber:Viva.co.id)

KNKT Pilot Lion Air JT 610 Laju Pesawat



Related Post



Comment